Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditargetkan Tuntas Akhir 2024, Ini Progres Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap 1

Kompas.com - 07/04/2024, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) masih berlangsung.

Terbagi menjadi dua tahap, saat ini yang sedang dalam masa konstruksi ialah Tol Probowangi Tahap 1 sepanjang 49,68 km dan terdiri dari seksi 1-3.

Ketiga seksi itu meliputi Seksi 1 Gending-Kraksaan; Seksi 2 Kraksaan-Paiton; dan Seksi 3 Paiton-Besuki.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali belum lama ini, progres konstruksi Jalan Tol Probowangi Tahap 1 per 10 Maret 2024 untuk seksi 1 sebesar 50,04 persen, seksi 2 sebesar 33,82 persen, dan seksi 3 sebesar 22,62 persen.

Pembangunan ketiga seksi tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Baca juga: Ini Alasan Jalan Tol di Indonesia Tidak Bisa Gratis Saat Mudik

Sedangkan konstruksi Tahap 2 sepanjang 126,72 km baru akan dikerjakan setelah tahun 2024, meliputi Seksi 4 Besuki-Situbondo; Seksi 5 Situbondo-Asembagus; Seksi 6 Asembagus-Bajulmati; dan Seksi 7 Bajulmati-Ketapang.

Adapun Jalan Tol Probowangi dengan total panjang 176,4 km menjadi ruas pamungkas Tol Trans-Jawa yang sejauh ini telah terbangun dari Merak hingga Probolinggo (Gending) sepanjang 1.065,50 km.

Jalan tol ini akan menyambung dengan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A Probolinggo Timur-SS Gending.

Pembangunan Tahap 1 Gending-Besuki nantinya akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.

Selain itu, juga akan memiliki 3 simpang susun, yaitu Simpang Susun (SS) Kraksaan, SS Paiton, dan SS Besuki, serta dilengkapi dengan dua eest area yang terletak di Sta 33+65 arah Probolinggo maupun arah Besuki.

Jika pembangunan Tahap 1 rampung, nantinya akan memangkas waktu tempuh Probolinggo sampai Besuki yang sebelumnya sekitar 1 jam 15 menit menjadi hanya 30 menit dengan kecepatan rata-rata waktu tempuh berkendara 80-100 km per jam.

Namun, apabila pembangunan seluruh Jalan Tol Probowangi selesai, dapat memangkas waktu tempuh Probolinggo ke Banyuwangi menjadi hanya sekitar 2 jam dari sebelumnya 4-5 jam melalui jalur pantai utara (pantura).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com