Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitasi Pengguna Mobil Listrik, SPKLU Ada di 8 "Rest Area" Milik Astra

Kompas.com - 29/03/2024, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memfasilitasi pengguna mobil listrik pada momentum mudik Lebaran 2024, Astra Infra menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 8 titik.

Berikut daftarnya:

  1. Rest area KM 101 A Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali),
  2. Rest area KM 130 A Ruas Tol Cipali,
  3. Rest area KM 130 B Ruas Tol Cipali,
  4. Rest area KM 43 A Ruas Tol Tangerang-Merak (Tamer),
  5. Rest area KM 68 A Ruas Tol Tamer,
  6. Rest area Resta Pendopo KM 456 A Ruas Tol Semarang-Solo,
  7. Rest area Resta Pendopo KM 456 B Ruas Tol Semarang-Solo, dan
  8. Rest area KM 695 A Ruas Tol Jombang-Mojokerto.

Adapun penyediaan SPKLU, penggunaan panel surya untuk lampu penerangan jalan umum (PJU), sistem pengolahan limbah di rest area, hingga inisiasi Astra Infra Mini Forest, merupakan bentuk komitmen Astra Infra untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pelestarian lingkungan.

Selain itu, guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran, Astra Infra menyiagakan lebih dari 1.300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulans, kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas.

Astra Infra juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Baca juga: 6,8 Juta Mobil Bakal Lintasi Tol Cipali, Tamer, dan Jombang-Mojokerto saat Mudik Lebaran

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama arus mudik dan balik Lebaran, Astra Infra telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk memastikan kesiapan CCTV terintegrasi sebagai sarana pemantauan bersama di titik-titik krusial Tol Tamer, Tol Cipali, dan Tol Jombang-Mojokerto.

Hal tersebut juga didukung dengan terpasangnya CCTV di setiap kilometer ketiga ruas tol tersebut.

Di sisi lain, Astra Infra juga berkolaborasi dengan Grup Astra lainnya, melalui pembukaan posko Astra Siaga Lebaran.

Berbagai persiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi mencapai 6,8 juta kendaraan, atau naik sebesar 3,4 persen dibandingkan Lebaran 2023.

"Saat ini kami secara intensif terus memastikan kesiapan dalam rangka mendukung pemerintah mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik Lebaran tahun ini," ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar, Kamis (27/3/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com