Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadirnya Kecerdasan Buatan Akan Mengubah Kebiasaan Membersihkan Rumah

Kompas.com - 20/03/2024, 19:10 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Qleen

JAKARTA, KOMPAS.com - Di dunia yang serba cepat saat ini, teknologi terus berkembang untuk membuat hidup manusia lebih efisien dan nyaman.

Meski sebelumnya tidak terbayangkan, kemajuan signifikan dari teknologi juga sudah menjangkau bidang pemeliharaan dan pembersihan rumah.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) merupakan bagian dari perubahan tersebut. Kini banyak perusahaan mengembangkan perangkat bertenaga AI untuk mengubah cara kita membersihkan rumah.

Baca juga: Amankah Membersihkan Pecahan Kaca dengan Penyedot Debu?

Konsep AI dalam pembersihan rumah melibatkan penggunaan perangkat pintar yang dapat belajar, beradaptasi, dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu.

Perangkat tersebut menggunakan algoritma canggih dan teknik pembelajaran mesin untuk menganalisis data, membuat keputusan, dan melakukan tugas hanya dengan sedikit campur tangan manusia.

Perangkat pembersih rumah tangga yang didukung AI dapat melakukan tugas dengan lebih efisien dan efektif dibandingkan perangkat manusia.

Misalnya, penyedot debu berkemampuan AI dapat menavigasi rintangan, mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian ekstra, dan secara otomatis menyesuaikan daya hisapnya agar sesuai dengan jenis lantai yang berbeda.


Artinya, seseorang bisa mendapatkan rumah yang lebih bersih dan higienis dengan mengeluarkan sedikit usaha.

Cara lain AI mengubah cara pembersihan rumah adalah cara pengontrolan. Dengan perangkat pintar yang terhubung ke internet, pemilik rumah dapat mengontrol dan memantau perangkat pembersihnya dari jarak jauh.

Baca juga: Anti Rugi Saat Jual Beli Rumah dengan Bantuan AI

Hal ini memungkinkan Anda untuk memulai dan menghentikan robot penyedot debu atau pel saat Anda sedang bekerja atau bahkan berlibur.

Tentu saja, ini dilakukan untuk memastikan rumah tetap bersih dan terawat, bahkan saat Anda tidak ada secara fisik.

Kehadiran AI juga berpotensi menjadikan pembersihan rumah lebih berkelanjutan. Ketika perangkat bertenaga AI menjadi lebih pintar dan efisien, perangkat tersebut akan memerlukan lebih sedikit energi untuk menjalankan tugasnya.

Hal ini tidak hanya membantu mengurangi jejak karbon rumah tangga Anda, tetapi juga menghasilkan penghematan biaya yang signifikan dalam jangka panjang.

Meskipun memiliki harga yang mahal, berinvestasi pada perangkat pembersih rumah dengan teknologi AI bisa mengubah hidup menjadi lebih efisien.

Waktu yang biasanya Anda habiskan untuk membersihkan rumah bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com