Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan PON XXI, Stadion Utama Sumut Dibangun dengan Kapasitas 25.750 Penonton

Kompas.com - 16/03/2024, 14:32 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan tinjauan lapangan venue utama untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024.

Melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya, saat ini tengah dibangun Stadion Utama Sumut di Deli Serdang.

"Stadion Utama Sumut ini dibangun untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga yang baik mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024 di Provinsi Sumut dan Aceh," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

Stadion Utama Sumut terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Pembangunannya dilakukan sejak September 2023 dan menelan APBN Rp 587 miliar.

"Saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 31,63 persen dan ditargetkan selesai pada September 2024 agar dapat digunakan untuk PON XXI mendatang," ujar Kepala BPPW Sumut Deva Kurniawan Rahmadi.

Pekerjaan pembangunan Stadion Utama Sumut dilaksanakan oleh KSO PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT PP (Persero) Tbk- PT Penta selaku kontraktor pelaksana dan PT Jaya CM dan PT Ciriajasa KSO selaku manajemen konstruksi.

Baca juga: Basuki Bahas Proyek Tol Dalam Kota Bandung Bareng Sri Mulyani

Stadion ini dibangun di atas lahan seluas 48.420 meter persegi dengan luas bangunan 27.452 meter persegi.

"Stadion ini akan terdiri dari tiga lantai dan lantai tribun dengan total kapasitas 25.750 penonton. Untuk penonton VIP 365 unit, media 224 unit, reguler 25.115 unit, dan difabel 46 unit," lanjut Deva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com