Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Tol Japek II Selatan Siap Difungsikan buat Lebaran

Kompas.com - 04/03/2024, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) kembali menyiapkan pengoperasian fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Dikutip dari laman resmi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada Senin (04/03/2024), hal tersebut guna mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2024 dari arah Bandung, Jawa Barat, menuju Jakarta.

Pimpinan Proyek Pembangunan Tol Japek II Selatan Paket 3, Shibgatullah Mahmuda menjelaskan, fungsionalisasi Segmen Sadang-Kutanegara akan mengikuti diskresi pihak Kepolisian.

Jika terjadi antrean kendaraan pada Simpang Susun (SS) Dawuan KM 67 Tol Cipularang, berdasarkan instruksi kepolisian, segmen Sadang-Kutanegara akan dibuka.

Untuk mengakses Segmen Sadang-Kutanegara, nantinya pengguna jalan bisa masuk melalui SS Sadang di titik KM 77 Jalan Tol Cipularang.

Setelah melewati jalur fungsional sepanjang 8,5 kilometer, pengguna jalan melewati jalan jalan industri sepanjang 15 Kilometer untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Karawang Timur.

Selain itu, juga bisa melalui GT Karawang Barat yang berjarak 27 Kilometer dari SS Kutanegara.

Baca juga: Jasa Marga Akan Uji Coba Pemindahan Pintu Masuk Contraflow di Tol Dalam Kota

Shibgatullah menambahkan, kesiapan fungsionaliasi Segmen Sadang-Kutanegara sudah dilakukan sejak arus Mudik Lebaran serta Natal dan Tahun Baru 2023.

Meski begitu, diskresi kepolisian terkait fungsionalisasi baru dieksekusi pada saat arus liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Sadang-Kutangera sempat kita buka pada tanggal 24 Desember 2023, pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.30 WIB dan dilewati oleh 280 kendaraan," imbuhnya.

Selain itu, fungsionalisasi Tol Japek II Selatan dari SS Sadang hingga SS Kutanegara akan dikhususkan pada kendaraan kecil atau Golongan I non-Bus.

Dengan kata lain, hanya pengguna jalan menggunakan mobil pribadi atau minibus yang bisa menikmati fungsionalisasi ruas tol ini.

Sebagai informasi, proyek Jalan Tol Japek II Selatan dibangun sepanjang 62 km menghubungkan Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 14,691 triliun, proyek jalan tol ini dibagi menjadi tiga paket pekerjaan.

Paket I Jatiasih-Setu sepanjang 7,25 Km terdiri dari Seksi Jatiasih-Bantargebang dan Seksi Bantargebang-Setu.

Kemudian, Paket IIA Seksi Setu-Sukaragam sepanjang 10,5 Km. Paket IIB Seksi Sukaragam-Sukabungah sepanjang 13 Km.

Lalu, Paket III Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 Km yang terdiri dari Seksi Sukabungah-Kutanegara dan Seksi Kutanegara-Sadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com