Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta dan Tangerang Terpopuler di Mata Pencari Rumah Seken

Kompas.com - 28/02/2024, 19:49 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam tiga bulan terakhir, popularitas rumah seken di Jakarta dan Tangerang terus mengalami peningkatan.

Hal ini dibuktikan dari FlashReport Rumah123 edisi Februari 2024 yang diterima Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Dalam laporan tersebut diketahui popularitas tahunan tertinggi terdapat di Tangerang sebesar 2,3 persen, dan Jakarta Selatan maupun Jakarta Utara masing-masing 1,6 persen dan 1,3 persen.

Sementara di Tangerang Selatan mencapai 0,8 persen, serta Bekasi sebesar 0,2 persen.

Head of Research Rumah123 Marisa Jaya membeberkan mengapa terjadi fenomena kenaikan pasar rumah tapak di dua daerah tersebut.

Baca juga: Gaet Investor Jepang, MAS Group Percaya Diri Bangun Rumah di Tangerang

Kata dia, tren peningkatan ini bisa mengindikasikan potensi pertumbuhan pasar rumah tapak seken di Jakarta dan Tangerang pada tahu ini.

"Kemungkinan faktor yang memengaruhi popularitas kedua area ini adalah respons positif masyarakat terhadap beroperasinya Tol Cinere-Serpong Seksi 2 pada akhir tahun 2023, yang meningkatkan aksesibilitas kawasan Jakarta-Tangerang," ujar Marisa.

Selain itu, juga bisa dipengaruhi dengan insentif Pajak Pertambah Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP), serta meningkatnya minat pembelian hunian pada periode pergantian akhir tahun ke awal tahun baru.

Ini mungkin didukung pemanfaatan bonus tahunan kerja karyawan sebagai modal atau dana tambahan untuk membayar uang muka maupun biaya lainnya terkait pembelian rumah.

Secara bulanan, lokasi paling populer dalam permintaan hunian masih dipimpin Tangerang (14,9 persen) diikuti Jakarta Selatan dengan pangsa pasar 11,9 persen dan Jakarta Barat sebesar 9,9 persen.

Untuk kota besar lainnya di Pulau Jawa, kota dengan kenaikan popularitas bulanan tertinggi adalah Bandung dan Surabaya masing-masing persen.

Sedangkan di luar Pulau Jawa, Badung menjadi kota dengan kenaikan popularitas terbesar dengan kenaikan sebesar 0,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com