Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rumah hingga 30 Juni 2024 Bebas Pajak

Kompas.com - 21/02/2024, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang hendak memiliki unit rumah baru tahun ini, pastikan untuk membelinya tepat waktu.

Pasalnya pemerintah tengah memberikan keringanan pembelian rumah melalui Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP).

Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 7 Tahun 2024 tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rumah Tapak dan Satuan Rumah Susun yang Ditanggung Pemerintah, maka diskon akan diberikan mulai Januari hingga Desember 2024.

Baca juga: Ini Kriteria Rumah yang Dapat Insentif PPN DTP

Namun demikian, akan ada dua periode pemberian PPN, dan besaran potongan yang diberikan pada masing-masing periode juga berbeda.

Pemerintah menyebutkan, untuk mereka yang melakukan acara serah terima rumah mulai tanggal 1 Januari 2024 sampai dengan tanggal 30 Juni 2024, maka diskon PPN yang diberikan adalah 100 persen.

Baca juga: KPR Masih Jadi Metode Andalan Masyarakat Beli Rumah

Ini artinya tak akan ada biaya PPN yang harus dibayarkan oleh mereka yang sudah melakukan serah terima rumah hingga 30 Juni 2024. 

Aturan bebas PPN ini berlaku untuk pembelian rumah dengan harga maksimal Rp 2 miliar dan harga jual paling banyak sebesar Rp 5 miliar.

Sementara itu, untuk pembelian rumah dengan tanggal berita acara serah terima mulai 1 Juli 2024 sampai dengan 31 Desember 2024, maka diskon PPN yang diberikan adalah sebesar 50 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com