Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenaikan Minat Gen Z Beli Rumah Dongkrak Premi Asuransi Properti

Kompas.com - 14/11/2023, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatnya minat generasi milenial dan Z untuk membeli rumah berdampak signifikan terhadap pertumbuhan industri asuransi properti.

Mereka memanfaatkan rumah bukan sekadar sebagai tempat tinggal, melainkan juga investasi dan tempat usaha sesuai dengan profesi masing-masing.

Berdasarkan hasil riset 99 Group sejak 2022 hingga Semester I-2023 minat milenial dan Gen Z membeli rumah masing-masing sebesar 64,4 persen dan 64,6 persen, lebih tinggi ketimbang beli tanah, apartemen, atau ruko.

Meski saat ini pertumbuhan dari sisi penjualan rumah belum begitu kuat namun secara perlahan sudah berangsur membaik.

Hal ini terlihat dari penjualan rumah secara triwulanan pada Triwulan II-2023 yang mampu mencatat angka pertumbuhan sebesar 6,59 persen (qtq) dan sebagian besar didorong oleh kenaikan penjualan rumah tipe besar (9,89 persen) dan tipe kecil (22,48 persen).

Baca juga: Agar Tak Keliru, Begini Tips Memilih Asuransi Properti

Positifnya pertumbuhan sektor properti ini berdampak pada sektor asuransi baik asuransi umum sebagai proteksi aset, maupun asuransi jiwa yang disertai saat pengambilan kredit pemilikan rumah (KPR) sebagai kebutuhan pelengkap.

Head of Commercial Underwriting Allianz Utama Indonesia Datien Widyastuti mengonfirmasi adanya pertumbuhan asuransi properti hunian berkat dorongan dari sektor properti khususnya setelah adanya peningkatan penyaluran KPR yang tersedia di kalangan masyarakat.

Hal tersebut mampu terealisasi karena saat ini beberapa bank mewajibkan para nasabah untuk mengambil asuransi properti ketika mereka hendak mengambil produk KPR.

Tujuannya antara lain menjaga kedua belah pihak apabila terjadi suatu risiko saat pembayaran KPR masih belum dilunasi dan agar dapat memberikan perlindungan bagi pemilik aset supaya terhindar dari kerugian finansial yang sangat mungkin terjadi pada aset yang dimiliki.

Melalui terjalinnya kerja sama yang dilakukan antara bank dengan perusahaan asuransi, peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kebutuhan asuransi properti sebagai proteksi aset juga menumbuhkan minat mereka dalam memiliki asuransi properti hunian.

Baca juga: Mau Beli Asuransi Rumah? Begini Cara Menghitung Preminya

Hal ini salah satunya juga terlihat dari pertumbuhan polis hunian di Allianz Utama Indonesia dengan meningkatnya kontribusi polis hunian sebesar 15 persen dari total premi perusahaan terhitung hingga September 2023 (YoY).

"Selain itu indikasi positif dari daya minat beli masyarakat ini juga terlihat dari sisi pertumbuhan premi asuransi properti khusus hunian sebesar lima persen per September 2023," ungkap Datien dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Sebagai proteksi aset, Datien menjelaskan, Allianz Rumahku menyediakan perlindungan yang komprehensif, khususnya untuk asuransi properti hunian.

Melalui Allianz Rumahku nasabah bisa memiliki proteksi serta mendapatkan jaminan perlindungan untuk bangunan termasuk dinding, atap, lantai, garasi, dan pagar rumah tinggal.

Selain itu, perlindungan yang disediakan oleh Allianz Rumahku dapat mencakup pemberian jaminan perlindungan bagi properti di dalam bangunan tempat tinggal, termasuk peralatan elektronik dan furniture di rumah pemilik aset hunian.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com