Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Catat 32 Juta Jam Kerja Selamat pada Bulan K3 Nasional

Kompas.com - 13/02/2024, 05:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Catatan apik berhasil ditorehkan smelter PT Freeport Indonesia (PTFI), yang menutup peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2024 dengan capaian 32 juta jam kerja selamat.

Deputi Site Manager PTFI Smelter Project Venta Agustri mengatakan, capaian tersebut menandakan pengerjaan proyek dilakukan sesuai standar dan aturan, di tengah tuntutan untuk dapat menyelesaikan proyek tepat waktu.

"Di tengah intensitas tinggi dalam menyelesaikan pembangunan smelter, tim proyek berhasil mencapai lebih dari 32 juta jam kerja selamat. Hal ini merupakan kebanggaan yang patut kita syukuri," ujar Venta, dalam keterangan tertulis, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Kementerian Perdagangan Dukung Smelter Freeport di Gresik

Venta menjelaskan, terdapat lima kunci sehingga torehan tersebut dapat tercapai. Mulai dari mengomunikasikan informasi keselamatan secara teratur kepada karyawan, membangun budaya keselamatan dengan mendorong karyawan saling mengingatkan dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Selain itu juga memastikan kebijakan keselamatan diikuti secara ketat oleh semua karyawan dan memberlakukan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan.

"Keempat, memastikan peralatan kerja dan fasilitas keselamatan dalam kondisi baik. Kelima, melakukan audit K3 dilakukan secara berkala (satu tahun sekali) untuk mengevaluasi kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan improvement," kata Venta.

Peringatan BK3N 2024 di Smelter PTFI berlangsung selama satu bulan, mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024.

Smelter PTFI menggelar berbagai kompetisi K3. Di antaranya, fire and rescue challenge, cerdas cermat K3, PPE hunter, tool box speech, kompetisi foto K3, poster K3 dan maskot K3. Juga kompetisi olahraga seperti bulutangkis, catur, pingpong dan futsal.

Untuk kampanye K3 dilakukan melalui kegiatan donor darah, workshop defensive driving training, health talk, dan senam aerobik.

Sedangkan dalam puncak perayaan BK3N, diadakan safety demo bekerjasama dengan PT 3M Indonesia.

Adapun BK3N 2024 mengusung tema 'Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha' bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya K3, mewujudkan ketertiban dalam penerapan kebijakan K3, serta meningkatkan partisipasi baik karyawan dan kontraktor SBI dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan perusahaan.

"PTFI terus meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor, yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan," ucap Venta. 

PTFI menginvestasikan 3,1 miliar dollar AS atau setara Rp 48 triliun per akhir Desember 2023.

Ketika beroperasi penuh pada Desember 2024, smelter mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com