Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peresmian Dua Ruas JTTS Tanpa Dihadiri Basuki

Kompas.com - 07/02/2024, 16:42 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (07/02/2024).

Kedua ruas itu ialah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 km dan ruas Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km.

Namun yang berbeda kali ini, Kepala Negara meresmikan dua ruas tol tersebut tanpa dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Mengenai hal itu, Juru bicara Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja menyampaikan, Basuki sedang menjalankan tugas dan mendapat izin Presiden Jokowi untuk menghadiri acara 5th Mediterranean Water Forum di Tunisia, sebagai rangkaian dari persiapan 10th World Water Forum pada Mei 2024 mendatang di Bali, Indonesia.

"Oleh karenanya beliau diwakili oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Menteri PUPR Ad Interim dan Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian," jelasnya kepada Kompas.com pada Rabu (07/02/2024).

Baca juga: Jokowi Resmikan Dua Ruas JTTS, Akses ke Danau Toba hingga KEK Sei Mengkei

Untuk diketahui, peresmian jalan tol ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi di Gerbang Tol Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara, Sumut.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selaku Ad Interm Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, Pj Walikota Tebing Tinggi Syarmadani, dan Pj Bupati Batu Bara Nizhamul.

Beroperasinya ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh diharapkan akan meningkatkan konektivitas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan meningkatkan kecepatan logistik menuju Pelabuhan Kuala Tanjung, serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com