Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Dua Ruas JTTS, Akses ke Danau Toba hingga KEK Sei Mengkei

Kompas.com - 07/02/2024, 10:55 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (07/02/2024).

Kedua ruas JTTS yang dimaksud ialah Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-Indrapura.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol ruas Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Limapuluh dan ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, seksi Tebing Tinggi-Indrapura, di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara," ujar Jokowi dalam rekaman pidato peresmian Sekretariat Presiden dikutip dari Antaranews.

Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura yang membentang sepanjang 20,4 kilometer dibangun dengan biaya senilai Rp 3,06 triliun. Sementara Jalan Tol Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 kilometer dibangun dengan biaya Rp 1,67 triliun.

Presiden mengatakan, dua ruas jalan tol tersebut akan meningkatkan konektivitas transportasi ke kawasan pariwisata di Danau Toba serta meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung dan juga berbagai kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

"Ini kita harapkan juga akan cepat bisa berkembang dan juga mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya," katanya.

Baca juga: 5 Ruas Tol Trans-Sumatera Ditarget Rampung Paruh Tahun 2024, Apa Saja?

Kepala Negara optimistis pembangunan jalan tol tersebut akan semakin menambah minat investasi di sekitar kawasan untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumut.

Selain itu, beroperasinya dua ruas tol tersebut juga bisa meningkatkan volume kunjungan wisatawan ke destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya serta mengefisienkan biaya logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei.

"Kita harapkan dengan jalan tol ini akan terjadi peningkatan daya saing daerah, mendorong tumbuhnya usaha baru dan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," pungkas Jokowi.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com