Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Jakarta Bakal Punya Tiga Mal Baru

Kompas.com - 06/02/2024, 18:08 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024, Jakarta kedatangan tiga mal baru yang akan menambah luas pasokan ruang ritel sebanyak 2,12 persen.

Cushman & Wakefield menyebut ketiga mal tersebut yakni Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine, Lippo Mall East Side di Holland Village, dan Mal Menara Jakarta.

Diketahui ketiga mal yang akan menambah luas ruang ritel di Jakarta ini berada di daerah Jakarta Pusat (Jakpus).

Baca juga: Summarecon dan SouthCity Investasi Lebih dari Rp 1 Triliun untuk Bangun Mal

“Penyelesaian pembangunan ketiga pusat perbelanjaan ini diharapkan akan berkontribusi pada peningkatan pasokan kumulatif ruang ritel sebesar 2,12 persen,” ungkap Senior Analyst, Strategic Consulting Cushman & Wakefield Indonesia Victorina Arif.

Selain mal baru, pemilik mal yang sudah ada juga tengah melakukan tata letak dan renovasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman belanja para konsumen.

 

“Saat ini, Pejaten Village dan Gajah Mada Plaza sedang dalam proses renovasi interior yang diperkirakan selesai pada tahun 2024,” papar Victorina.

Sementara itu, sampai dengan akhir tahun 2023, terdapat dua pusat perbelanjaan yang selesai direnovasi yaitu Living Plaza Puri dan La Piazza.

Selesainya renovasi Living Plaza Puri yang sebelumnya dikenal sebagai PX Pavilion pada kuartal empat tahun 2023, menambahkan 17.000 meter persegi ruang ritel.

Baca juga: Tahun Ini, Surabaya Punya Dua Mal Baru

Mal tersebut dibuat lebih besar 4.000 meter persegi daripada PX Pavilion. Sementara La Piazza tidak ada penambahan luas ruang.

“Pada akhir tahun 2023, total pasokan kumulatif ruang ritel di Jakarta mencapai 4,7 juta meter persegi. Jumlah ini menunjukan adanya pertumbuhan pasokan sebesar 0,2 persen secara tahunan,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com