Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Politik, Sinarmas Main di Pasar Rumah Rp 1 Miliar-Rp 30 Miliar

Kompas.com - 02/02/2024, 08:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land, satu di antara segelintir raksasa properti yang konsisten bangun hunian, punya rencana besar dan strategis pada tahun politik 2024 ini.

Mereka tetap akan mengembangkan hunian. Namun, kali ini fokus menyasar segmen generasi muda dan mereka yang masuk kategori tajir melintir alias Ultra High Net Worth Individual (UHNWI).

Oleh karena itu, perusahaan berencana merilis produk-produk baru dengan kisaran harga mulai dari Rp1 miliar hingga 30 miliar per unit untuk rumah tapak segmen menengah hingga premium.

Selain itu, juga akan dipasarkan produk komersial termasuk ruko, apartemen/kondominium dan kavling lahan komersial, termasuk untuk perusahaan joint venture.

Baca juga: Dua Menteri Hadiri Peluncuran Biomedical Campus Senilai Rp 2 Triliun Milik Sinarmas Land

Adapun sejumlah produk properti dengan kategori premium yang mendapatkan sambutan baik di tahun 2023 adalah Nava Park dan Enchante.

Generasi muda dan UHNWI dibidik karena sejumlah tren yang diprediksi akan memengaruhi pasar properti.

Generasi milenial diprediksi akan tetap menjadi pasar terbesar industri properti hingga tahun 2045. Sementara peningkatan jumlah UHNWI dan wellness industry turut berpengaruh terhadap tren pertumbuhan industri properti di Indonesia.

Meskipun secara global sempat mengalami kontraksi, jumlah individu dengan tingkat kekayaan yang tinggi di Indonesia tetap tumbuh positif 12 persen (CAGR 2017-2022) dan menempatkan Indonesia dalam peringkat tiga besar negara dengan pertumbuhan UHNWI tertinggi di Asia.

Tren lainnya yang kian menjadi sorotan adalah wellness industry. Hal ini seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat atas kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Baca juga: Rogoh Rp 400 Miliar Per Tahun, Sinarmas Sulap BSD Jadi Integrated Smart City

"Ini mendorong pertumbuhan wellness real estate sebesar 21 persen per tahun dari tahun 2021 hingga 2028," ujar Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) Hermawan Wijaya, Kamis (1/2/2024).

Generasi milenial dan UHNWI sepakat dalam perspektif mereka, tidak hanya melihat properti sebagai instrumen keuangan.

Kedua tipe demografi konsumen ini juga sangat peduli terhadap aspek environment, social and governance (ESG) dan keberlanjutan sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan dan well-being.

Transparansi sebuah perusahaan terhadap inisiatif sustainability dan tanggung jawab sosial turut menjadi penentu bagi generasi milennial dan UHNWI dalam berinvestasi properti.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan pasar terkait wellness industry, Sinarmas Land telah mengembangkan Biomedical Campus yang bertujuan sebagai wadah ekosistem komunitas sains dan teknologi baik itu pusat penelitian, edukasi, dan fasilitas kesehatan di BSD City.

Bidik Rp 9,5 triliun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com