Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rogoh Rp 400 Miliar Per Tahun, Sinarmas Sulap BSD Jadi Integrated Smart City

Kompas.com - 16/11/2023, 23:10 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sinarmas Land sangat serius menjadikan BSD City sebagai integrated smart and digital city dengan memanfaatkan potensi teknologi Artificial Intelligence (AI).

Salah satu wujud nyata inovasi tersebut adalah kolaborasi dengan Microsoft lewat integrasi teknologi chatbot yang mengimplementasikan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search untuk menghadirkan fitur 'Tanya' dalam aplikasi OneSmile.

Ibarat sebuah city guide, pengguna dapat bertanya mengenai tempat hangout, restoran, atau cafe di BSD City dan mendapatkan rekomendasi yang sesuai. Fitur ini terbukti sangat berguna untuk meningkatkan pengalaman pengunjung, maupun penghuni di BSD City.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land Mulyawan Gani mengungkapkan, untuk merealisasikan ambisi itu, Perusahaan merogoh kocek sekitar Rp 300 milir hingga Rp 400 miliar per tahun.

Baca juga: Sinarmas Tawarkan Hunian Ramah Lingkungan di BSD City, Mulai Rp 1,9 Miliar

Sementara untuk membangun gedung pintar atau smart building, diperlukan investasi sekitar Rp 25 miliar hingga Rp 40 miliar lengkap dengan fitur-fitur AI. Angka ini lebih dari 10 persen biaya (operasional) geudng itu sendiri," cetus Mulyawan.

 

Tak hanya penerapan teknologi AI di dalam bisnis Sinarmas Land, Microsoft juga memberikan dukungan kepada corporate venture Sinar Mas Land yaitu Living Lab Ventures melalui program Startup Founders Hub.

Dalam program ini, sebanyak 27 startup naungan LLV dapat mengakses berbagai macam aplikasi yang canggih, mulai dari platform cloud yang terpercaya, aman, dan open-source friendly.

Microsoft juga menyediakan alat produktivitas terbaik bagi para tech developer, seperti GitHub Enterprise, Engineer Visual Studio Enterprise, Power Platform, Microsoft 365, Dynamics 365, hingga akses ke OpenAI.

Melalui pemanfaatan teknologi tersebut diharapkan startup di bawah naungan LLV dapat menciptakan sejumlah inovasi baru, sehingga dapat mempercepat proses BSD City sebagai smart city  terdepan di Tanah Air.

Sinarmas Land juga mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektar di BSD City yang didedikasikan untuk komunitas, institusi pendidikan, startup dan perusahaan multinasional di bidang teknologi digital dan kreatif.

Baca juga: Dua Pengembang Ini Catat Tingkat Risiko ESG Terendah

Animo positif didapatkan dari berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem yang telah menjadi rumah bagi lebih dari 38 dari perusahaan terkemuka seperti Traveloka, Unilever, TNT, Grab, dan Apple.

Sejak tahun 2016 Sinarmas Land melalui BSD City telah melakukan transformasi digital untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi masyarakat.

Dari segi infrastruktur, perusahaan menerapkan penyediaan jaringan fiber optic, pengawasan lalu lintas melalui traffic command center, hingga kemudahan mobilitas masyarakat dari dan menuju BSD City melalui penyediaan sarana transportasi publik yang terintegrasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com