Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Sertifikat Green Building yang ada di Indonesia

Kompas.com - 28/01/2024, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan, pemerintah telah mensyaratkan gedung-gedung yang ada di Indonesia sudah memiliki sertifikat green building.

Berdasarkan penuturan Ketua Umum International Society of Sustainability Professionals Indonesia Satrio Dwi Prakoso, saat ini, terdapat empat sertifikasi green building yang ada di Indonesia.

“Sertifikasi yang paling banyak di dipakai di Indonesia namanya Greenship. Ini adalah sertifikasi lokal yang dikeluarkan Green Building Council Indonesia (GBCI),” ujarnya dalam dalam acara “Kenalan dengan Konsep Green Building”, Jumat (26/1/2023).

Baca juga: Resmikan Mayapada Hospital Bandung, Jokowi Puji Konsep Green Building

Berdasarkan data tahun 2022, sudah ada 105 gedung di Indonesia yang mengantongi sertifikat Greenship. Tentu saat ini, jumlahnya semakin banyak.

Sertifikat selanjutnya adalah Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) yang dirilis oleh International Finance Corporation (IFC).

Menurut Satrio, EDGE banyak diterapkan di negara-negara yang masih berkembang seperti Indonesia.

“EDGE banyak digunakan karena prosesnya lebih simpel dibandingkan jenis sertifikasi yang lain,” jelasnya.

Berikutnya ada Leadership in Energy and Environmental Design (LEED), yang dirilis oleh United State Green Building Council.

Baca juga: Layout Istana Kutai Kartanegara Bisa Jadi Inspirasi Green Building IKN Nusantara

“Biasanya yang mengantongi LEED merupakan perusahaan-perusahaan yang berasal dari
Amerika atau kantor yang menyewa adalah tenan perusahaan dari Amerika,” papar Satrio.

Sertifikat green building terakhir adalah Green Mark yang dirilis oleh Building and Construction Authority (BCA) of Singapore.

Dikatakan, karena cukup perusahaan di Indonesia yang terdaftar di pasar modal Singapura jadi sertifikat ini juga banyak dipakai di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com