Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layout Istana Kutai Kartanegara Bisa Jadi Inspirasi Green Building IKN Nusantara

Kompas.com - 21/07/2022, 15:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah sudah bertekad dalam membangun IKN Nusantara nanti, akan mengedepankan konsep green building dalam pembangunan infrastruktur.

Salah satu hal yang bisa dijadikan rujukan ternyata berasal dari kearifan lokal di Kalimatan Timur (Kaltim) yakni desain layout (tapak) Istana Kesultanan Kutai Kartanegara, yang saat ini sudah dialihfungsikan menjadi Museum Mulawarman.

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Samarinda, Faizal Baharudin dalam Seminar Online Arsitektur Sekitar Ibu Kota Baru, Kamis (21/7/2022).

Baca juga: Dana Wakaf Bisa Dimanfaatkan untuk Pembangunan IKN Nusantara

“Tapak Museum Mulawarkan bisa menjawab keresahan kita terkait penerapan konsep gren building di IKN,” ungkap Faizal dalam paparanya.

Dikatakan, kehadiran ruang terbuka di atas 80 persen sudah diterapkan di berbagai bangunan istana di Kaltim, termasuk Istana Kutai Kartanegera. Konsep ini juga sangat seleras dengan salah satu konsep IKN yang akan diterapkan saat ini.

Faizal menjelaskan berdasarkan layout, Istana Kesultanan Kutai Kartanegera terdiri bagian kepala, dada dan kaki.

Pada bagian kepala, biasanya difungsikan sebagai ruang tamu dan ruang kerja. Sementara bagian dada akan difungsikan sebagai ruang tidur.

Sedangkan bagian kaki merupakan servis area, di mana digunakan untuk memasak, mandi, dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Tahun 2045, IKN Nusantara Ditargetkan Masuk 10 Besar Kota Paling Layak Huni

“Istana Kutai Kartanegara sudah berubah dari masa ke masa namun selalu ada bagian gedung yang tetap dipertahankan yakni memiliki lengkungan setengah lingkaran yang berjumlah 5 buah. Angka 5 ini juga bisa menjadi panutan dalam mendesain gedung di IKN juga,” jelas Faizal.

Ia berharap, dalam pembangunan infrastruktur nantinya, harus dimasukan ornamen khas dari Kesultanan Kutai Kartangera yakni Tambak Karang yang bisa menjadi ciri khas tersendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com