Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bioskop Satu-satunya di Belitung Dikawal Sistem Listrik Dua Penyulang

Kompas.com - 27/01/2024, 21:21 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Kehadiran bioskop NSC X Meirobie yang merupakan satu-satunya di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, mendatangkan angin segar bagi industri pariwisata.

Menariknya, bioskop modern pertama setelah hampir 22 tahun vakum tersebut dikawal pasokan listrik pelanggan prioritas.

Dengan hadirnya bioskop, diharapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di sekitarnya ikut tumbuh dan berkembang sehingga meningkatkan pendapatan daerah yang populer dengan kisah Laskar Pelangi itu.

Manager PLN UP3 Belitung Hariani mengatakan, PLN mendukung penuh pasokan kelistrikan untuk seluruh kegiatan ekonomi kreatif dan UMKM, termasuk bioskop sebagai salah satu instrumen pertumbuhan pariwisata Belitung.

Baca juga: Bahan Bakar Mencukupi, Pasokan Listrik di Babel Dipastikan Aman

Pihaknya akan terus menjaga keandalan listrik di Pulau Belitung untuk menunjang potensi perkembangan pariwisata, ekonomi kreatif dan UMKM di Pulau Belitung.

"Potensi pariwisata Indonesia harus dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat," ujar Hariani kepada awak media, Sabtu (27/1/2024).

Hariani mengungkapkan, daya sebesar 123,6 kVA dipasok untuk kebutuhan listrik bioskop dan area sekitarnya seperti booth UMKM dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Sistem penyaluran listrik berasal dari dua penyulang yang berbeda agar keandalan terjaga," ujar dia.

Hariani memastikan, PLN terus memberikan pelayanan untuk masyarakat Belitung dengan menjalankan berbagai langkah strategis.

Penonton antre di bioskop NSC X Meirobie yang merupakan satu-satunya di Belitung, Januari 2024.Dok. Isyak Meirobie/KOMPAS.com Penonton antre di bioskop NSC X Meirobie yang merupakan satu-satunya di Belitung, Januari 2024.
Antara lain dengan melakukan pemeliharaan rutin, peningkatan infrastruktur, penguatan sistem jaringan listrik, pemeliharaan Gardu Hubung (GH), hingga memastikan material pendukung telah terpasang dengan baik.

Alhasil masyarakat dapat menikmati Listrik dengan aman dan nyaman.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Mohammad Munief Budiman mengatakan, untuk memajukan perekonomian suatu daerah diperlukan kolaborasi bersama antara sektor swasta dengan pemerintah
terutama sektor kelistrikan yang telah menjadi kebutuhan pokok.

"Dengan tersedianya listrik yang andal untuk UMKM dan ekonomi kreatif, harapannya UMKM terus maju sehingga dapat menjadi pilar penting dalam memajukan ekonomi di Belitung secara holistik," ungkap Munief.

Pimpinan bioskop, Isyak Meirobie mengapresiasi PLN atas kolaborasinya dalam penyediaan listrik.

Baca juga: Jamin Listrik dan Telekomunikasi IKN Tak Pernah Mati, PLN Icon Plus: Kedip Pun Tak Boleh

"Saya sangat senang akhirnya bioskop di Belitung bisa beroperasi, semoga bioskop ini dapat meningkatkan ekonomi lokal," kata Isyak yang juga mantan wakil bupati Belitung.

Peluncuran bioskop NSC X Meirobie beberapa waktu lalu dihadiri langsung Menparekraf Sandiaga S Uno. Bioskop tersebut menayangkan berbagai film best seller Hollywood dan juga dalam negeri.

Ada pun bioskop pertama di Belitung dulunya juga diusahakan keluarga Isyak Meirobie, tepatnya oleh sang kakek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com