Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Bakar Mencukupi, Pasokan Listrik di Babel Dipastikan Aman

Kompas.com - 16/12/2023, 19:00 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pasokan listrik selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dipastikan mencukupi.

Guna kelancaran distribusi daya, PLN mengerahkan sebanyak 765 personel yang tersebar di 61 posko.

Para personel didukung berbagai peralatan dan tim khusus Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang mampu bekerja saat listrik sedang menyala.

Manager Senior Teknik PLN UIW Babel, Moses Allo mengatakan, suplai listrik di Bangka dan Belitung dalam keadaan aman dan cukup dengan daya mampu sebesar 251,55 MW di Bangka dan Belitung 82,16 MW.

Sementara stok bahan bakar sudah terpenuhi selama 28 hari di Bangka dan 43 hari di Belitung.

Baca juga: Jaringan Transmisi PLN di Sumsel Terganggu, Pelanggan di Bangka Terkena Pemadaman Bergilir

Selama masa siaga, petugas dapat melaksanakan pekerjaannya sesuai Standard Operation Procedur (SOP) yang telah disiapkan.

"Perhatikan keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta jika ada pekerjaan pemeliharaan yang emergency harus dikomunikasikan dulu dengan manager masing-masing," kata Moses saat apel siaga di PLTU Air Anyir, Bangka, Jumat (15/12/2023).

Untuk mendukung siaga Nataru, PLN menyiagakan Uninterruptible Power Supply (UPS) 3 unit, Unit Gardu Bergerak (UGB) 29 unit, Tim PDKB 2 regu, ERS 1 unit, Crane 3 unit, mobil 47 unit, motor 14 unit dan SPKLU 3 lokasi.

"Untuk para pengguna kendaraan listrik yang ingin berlibur lintas kota ataupun melakukan perjalanan mudik, PLN juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beroperasi dengan baik," ujar Moses.

Periode siaga Nataru dilaksanakan sejak Jumat (15/12/2023) hingga Senin (8/1/2024). Selama periode siaga tersebut, PLN tidak melakukan kegiatan pemeliharaan terencana.

Untuk kondisi darurat, tim PDKB akan melaksanakan pemeliharaan tanpa padam demi menjaga kenyamanan masyarakat.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka Muhammad Isra mengatakan, pelanggan saat ini sudah sangat dekat dengan PLN dalam berkomunikasi melalui Aplikasi New PLN Mobile.

"Solusi kelistrikan saat ini sangat mudah dengan hanya melalui layanan dalam satu genggaman. Masyarakat bisa melaporkan gangguan ataupun kebutuhan layanan kelistrikan lainnya melalui New PLN Mobile kapan pun dan di mana pun," pesan Isra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com