Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Provinsi Ini Paling Banyak Serap Dana Pembebasan Lahan PSN

Kompas.com - 24/01/2024, 17:04 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah menggelontorkan dana APBN Rp 18,206 triliun untuk pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) pada tahun 2023.

Realisasi tersebut meningkat 13,45 persen dibandingkan dengan tahun 2022 yaitu sebesar Rp 16,407 triliun.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Rustanto menyampaikan, terdapat lima provinsi yang memiliki realisasi serapan dana pembebasan lahan PSN tertinggi.

"Adapun provinsi yang termasuk dalam 5 provinsi yang tertinggi itu adalah Jawa Tengah, itu Rp 6,688 triliun," ujarnya dalam acara Taklimat Media LMAN 2024 pada Selasa (23/01/2024), dikutip dari kanal Youtube LMAN.

Baca juga: Pembebasan Lahan Proyek IKN dalam Setahun Telan Rp 1,4 Triliun

Kemudian, disusul Jawa Barat dengan Rp 3,951 triliun, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rp 2,512 triliun, Kalimantan Timur Rp 1,694 triliun, dan Jawa Timur Rp 884 miliar.

Beberapa contoh PSN di Jawa Tengah yang didanai pembebasan lahannya oleh LMAN yakni Jalan Tol Semarang-Demak, Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Tol Yogyakarta-Bawen, Bendungan Bener, Bendungan Jlantah, dan sebagainya.

Selanjutnya, contoh PSN di Jawa Barat seperti Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, Tol Bekasi–Cawang–Kampung Melayu, Bendungan Cipanas, dan sebagainya.

Lalu, PSN di DIY contohnya Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Tol Yogyakarta-Bawen, dan sebagainya.

Serta, PSN di Kalimantan Timur yang mencakup beberapa proyek pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sejumlah infrastruktur di sekitar IKN seperti Bendungan Sepaku Semoi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com