Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Ini Desain Masjid Negara IKN, Nyaris Rp 1 Triliun

Kompas.com - 23/01/2024, 06:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) secara resmi memulai pembangunan Gedung dan Kawasan Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu ditandai dengan berlangsungnya peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (17/1/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan, Masjid Negara IKN memiliki daya tampung hingga 61.000 jemaah.

Bangunannya pun akan dikelilingi air, serta menampilkan keindahan pada desain, baik dari luar maupun dalam.

"Saya berharap masjid ini bisa menjadi contoh pembangunan masjid di dunia, merepresentasikan kemajemukan Indonesia, sebagai sarana dalam meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan aktivitas keagaman serta sebagai simbol toleransi antar-agama di IKN," jelas Presiden dalam keterangan tertulis.

Baca informasi lengkapnya di sini Inilah Desain Masjid Negara IKN dengan Biaya Hampir Rp 1 Triliun

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 kilometer dari total 20 kilometer ditargetkan siap mendukung arus mudik Lebaran tahun 2024.

Sementara untuk Ruas Kartasura-Klaten sudah dapat dioperasikan secara fungsional sepanjang 22,3 kilometer.

Secara keseluruhan, Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer ditargetkan tuntas pada Juli 2024, sedangkan Ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 kilometer ditargetkan tuntas pada akhir Desember 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan meningkatkan konektivitas antara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Jawa Tengah.

"Jalan Tol Yogyakarta-Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang-Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar)," kata Menteri Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

Baca informasi lengkapnya di sini Dioperasikan Sementara, Ruas Tol Klaten-Purwomartani Dukung Arus Lebaran 2024

Kota Ternate di Provinsi Maluku Utara terkenal sebagai penghasil rempah, salah satunya pala.

Daerah ini juga menyediakan ratusan pilihan rumah subsidi yang terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang) dengan harga tak sampai Rp 200 juta.

Bagi Anda yang tengah mencari rumah murah di Kota Ternate, berikut sejumlah pilihannya:

1. Sultan Residence

Perumahan ini berlokasi di Sangaji Utara, Kota Ternate Utara, Kota Ternate yang dikembangkan oleh PT Dagymoi Properti Indonesia.

Tersedia 192 unit rumah subsidi dengan 20 lainnya terjual seharga Rp 168 juta untuk luas bangunan 36 meter persegi dan luas lahan 85 meter persegi.

Baca informasi lengkapnya di sini Rumah Murah di Kota Ternate Tak Sampai Rp 200 Juta, Ini Pilihannya (I)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com