Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2024, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Progres pembangunan fisik ibu kota nusantara (IKN) memperlihatkan perkembangan signifikan. Khusus pembangunan infrastruktur dasar Batch 1 sudah mencapai 70 persen, sementara Batch 2 tembus 20 persen.

Kegiatan dan mobilitas yang tinggi dari para tenaga kerja konstruksi, dan mobilitas para profesional, investor, pejabat pelaksana konstruksi, dan juga para stakeholders lainnya, tentu saja berpengaruh pada trafik transportasi.

Termasuk trafik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, sebagai hub penerbangan di Kalimantan Timur.

Kendati belum menyamai trafik pra Covid-19 atau tahun 2019, namun pergerakan penumpang melalui Bandara SAMS cukup aktif.

Baca juga: Proyek Summarecon di IKN Bakal Groundbreaking Tahun Ini

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syuagi Syahab menargetkan pertumbuhan trafik tahun 2024 ini bisa mencapai 50 persen lebih tinggi dari tahun 2023.

"Dari sebelumnya 5 juta penumpang menjadi 7,5 juta penumpang," ujar Syuagi kepada Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Sejatinya, trafik Bandara SAMS selama 2023 menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang periode Januari-September.

Bandara ini telah melayani 3,80 juta orang penumpang dan 37.164 pergerakan pesawat udara, naik masing-masing sebesar 41 persen dan 31 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain animo masyarakat yang mulai kembali melakukan perjalanan bisnis atau wisata keluar daerah dan penambahan beberapa rute baru baik domestik maupun internasional.

Baca juga: Basuki Targetkan Tiga Seksi Tol IKN Bisa Dilintasi Juli 2024

Tidak hanya itu, mulai awal tahun 2023 Bandara SAMS Sepinggan berupaya meningkatkan konektivitas dengan membuka beberapa rute baru baik domestik maupun internasional.

Sejumlah langkah strategis pun diimplementasikan guna dapat merealisasikan target 2024. Di antaranya adalah melakukan design and built dan beautifikasi Bandara SAMS yang ditargetkan tuntas pada Maret 2024.

Kemudian meningkatkan area komersial dengan kondisi aktual lantai 1 dan 3 sudah hampir mencapai 90 persen dan diharapkan Juni 2024 tuntas 100 persen.

Selanjutnya, menerapkan konsep bandara berbasis Informasi dan Teknologi (IT) di area parkir, check in, terminal, dan lain-lain.

Berikutnya meningkatkan customer dan service experience di bandara dengan memutar musik yang tengah hits dan juga tradisional lokal di area-area publik, aroma pandan di selasar kedatangan, pemasangan artwork, dan sebagainya.

Baca juga: DPR Minta Kementerian PUPR Bangun Tol dari Pontianak ke IKN

"Tak lupa pula, kami kerap menggelar pertemuan (meeting) dengan seluruh maskapai yang dilakukan secara intensif sejak Juli 2023 hingga saat ini guna membahas potensi Bandara SAMS dalam posisinya sebagai pendukung utama bagi kehadiran IKN," papar Syuagi.

Sebagai informasi, bandara terbesar dan tersibuk di Kalimantan ini memiliki lima destinasi favorit, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, dan Tarakan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com