Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Targetkan Tiga Seksi Tol IKN Bisa Dilintasi Juli 2024

Kompas.com - 19/01/2024, 17:16 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 sudah selesai pada Juli 2024.

Pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 berjalan pada tiga seksi yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Hal tersebut diutarakan Basuki saat meninjau jaringan jalan menuju IKN pada Kamis (18/01/2024).

"Terus perhatikan dan pastikan kualitasnya karena kualitas Jalan Tol IKN ini harus lebih baik dibandingkan jalan tol lain. Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Tahap 1 harus sudah selesai dan bisa dioperasikan pada Juli 2024," jelasnya dikutip dari unggahan akun Instagram Kementerian PUPR.

Baca juga: Pelaksanaan MLFF Masih Tunggu Revisi PP Jalan Tol

Adapun sejauh ini progres konstruksi Seksi 3A mencapai 48 persen, Seksi 3B mencapai 57 persen, dan Seksi 5A mencapai 67 persen. Ketiganya ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Konstruksi Jalan Tol IKN.Dok. Kementerian PUPR Konstruksi Jalan Tol IKN.
Sementara untuk ruas Jalan Tol IKN lainnya, Seksi 6A Riko-Rencana Outer Ring Road IKN dan Seksi 6B Rencana Outer Ring Road-Simpang 3 ITCI, saat ini sedang dalam tahap pengadaan tanah dengan progres konstruksi masing-masing 4,8 persen dan 17,5 persen.

Sebagai informasi, Jalan Tol IKN akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan-KIPP IKN dari semula sekitar 2 jam menjadi hanya sekitar 45 menit.

Sepanjang jalan tol ini ditanami pepohonan endemik Kalimantan, sesuai prinsip IKN sebagai kota hutan dan kota pintar (smart forest city).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com