Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Politik 2024, Carefast Bidik Pertumbuhan 40 Persen

Kompas.com - 17/01/2024, 20:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam menghadapi tahun politik 2024 yang penuh tantangan dan kompetisi ketat, PT Carefastindo (Carefast) menjalankan sejumlah langkah strategis.

Di antaranya menetapkan target pertumbuhan revenue hingga 40 persen dari pencapaian 2023 senilai Rp 400 miliar.

Chief Executive Officer PT Carefastindo Charles optimistis pertumbuhan itu dapat tercapai, melalui perluasan pasar dari sebelumnya berkonsentrasi pada business to business (B2B), menjadi business to customer (B2C).

"Dalam sepuluh tahun kiprah kami, sudah memiliki lebih dari 400 klien di seluruh Indonesia. Mulai dari Djarum Group, Ciputra Group, Sinarmas Group, Angkasa Pura, BUMN, dan private sector lainnya," ungkap Charles menjawab Kompas.com, Rabu (17/1/2024).

Selain itu, kata Charles, Carefast juga menambah talent untuk dididik dan dilatih menjadi pekerja andal siap pakai dengan keterampilan sesuai standar.

Baca juga: Gara-gara Evergrande Ngemplang Utang, Pengusaha Cleaning Service Ini Jual Rumah Mewah

Hal ini mengingat kebutuhan pasar mencapai 3 juta tenaga jasa kebersihan atau cleaning service. Dari total jumlah kebutuhan itu, Carefast memasok sekitar 10.000 orang.

"Pangsa pasarnya luas, dengan pemain yang juga banyak. Namun, belum seluruhnya ter-cover," imbuh Charles.

Strategi lain adalah membuka kantor baru dengan ukuran yang lebih besar dan berfasilitas lebih baik. Kantor baru ini diharapkan dapat memotivasi karyawan untuk dapat melayani klien lebih baik.

Carefast didirikan oleh Charles yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang layanan kebersihan (cleaning service) tepatnya pada 7 Januari 2014.

Untuk menjaga kualitas layanannya, Carefast mempunyai Carefast Academy yakni fasilitas pelatihan khusus kebersihan gedung, baik interior maupun eksterior, untuk para calon pekerja (new comer).

Program pelatihan ini tidak saja mengenai teknik dasar pembersihan, juga sikap bekerja dan dasar-dasar pelayanan publik.

Mereka yang bekerja di Carefast juga sudah bersertifikat kompetensi, sesuai ketentuan pemerintah.

Untuk bisa masuk dalam Carefast Academy tersebut, terutama yang masih berstatus calon pekerja, dilakukan seleksi secara ketat dalam proses rekrutmen. 

Baca juga: Tahun Ini, Nihil Pasokan Gedung Kantor Baru di CBD Jakarta

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas kerja sesuai standar kompetensi, terutama kenyamanan dan keamanan klien.

Untuk bisa diseleksi, para calon pekerja ini bisa mengakses aplikasi khusus Carefast Jobs, sebagai aplikasi pencari lowongan pekerjaan di Carefast.

Sementara itu, kepada klien, Carefast memiliki aplikasi Carefast Operation. Aplikasi ini memiliki aneka fitur, yang meliputi antara lain absensi karyawan proyek, daily activity checklist, dan complain handling yang terhubung dengan klien langsung.

Saat ini Carefast juga mempunyai enam kantor cabang, yang tersebar di Cikarang, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali, dan Medan, serta tiga kantor perwakilan, di Manado, Samarinda, dan Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com