Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marka Tanda Panah di Jalan Tol, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 14/01/2024, 12:09 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna jalan tol, pernahkah menemukan marka berbentuk tanda panah yang sengaja digambar di atas perkerasan jalan tol?

Lantas, apa nama dan fungsi marka tersebut?

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (14/1/2024) marka tersebut bernama speed reducer atau pengurang kecepatan.

Seperti namanya, speed reducer merupakan marka keselamatan yang berfungsi sebagai ilusi mata efek visual agar para pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain itu, agar pengguna jalan tol bisa lebih berhati-hati dalam berkendara, sehingga dapat menekan terjadinya kecelakaan.

Marka speed reducer terbagi menjadi dua jenis, yakni dragon teeth dan chevron. Adapun speed reducer bisa ditemukan di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), Tol Semarang-Solo, dan Tol Tangerang-Merak.

Baca juga: Warga Terdampak Tol dan Bandara VVIP IKN Disiapkan 400 Hektar Lahan Relokasi

Selain speed reducer, ada alat lain yang juga dipasang di tol agar pengguna jalan tidak mengantuk, yakni rumble strips yang bisa bebunyi saat terkena roda mobil.

Pemasangan rumble strips ini ditentukan berdasarkan hasil evaluasi dan ditata dengan jarak berdekatan.

Tujuannya agar rumble strips bisa mengeluarkan suara yang jelas terdengar hingga ke dalam mobil saat dilindas kendaraan berkecepatan 80-100 kilometer per jam.

Oleh karena itu, jalan tol yang memiliki rumble strips disebut dengan jalan bernada atau singing road.

Di Indonesia, singing road pertama terpasang di Tol Trans-Jawa pada 25 Desember 2019, tepatnya di Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Km 616 dengan 2 nada.

Sedangkan singing road kedua terpasang di Km 644+200 B arah Madiun-Solo dengan 6 nada yang menghasilkan lagu "Selamat Ulang Tahun".

Pemasangan marka jalan ini difungsikan untuk menghilangkan rasa kantuk pengemudi dan mengurangi kecelakaan di jalan tol akibat highway hipnosis.

Highway hipnosis adalah fenomena berkurangnya konsentrasi saat sedang mengemudi dalam jarak jauh. Kondisi ini mengakibatkan pengemudi tidak sadar dan berpotensi kehilangan kendali kendaraan yang memicu kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com