Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mulai merealisasikan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara sejak tahun 2022 lalu.

Dalam rencana pembangunan tahap I, yakni mulai dari 2022 hingga 2024, sejumlah infrastruktur dasar telah dimulai pembangunannya.

Mulai dari rumah tapak, rumah susun, sarana peribadatan, pasar, fasilitas kesehatan, dan rumah sakit internasional.

Pembangunan ini untuk mendukung relokasi penduduk yang akan dimulai pada tahun 2024 nanti.

Baca juga: Mahfud MD: IKN Harus Diteruskan, tapi Pendanaannya Perlu Investor

Pada tahap II, akan dilakukan pembangunan lanjutan dari apa yang sudah dimulai pada tahap sebelumnya dan berlangsung mulai tahun 2025 hingga 2029.

Dalam dokumen Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara disebutkan, setiap pembangunan dilakukan demi mencapai Key Performance Indicator (KPI) atau Indikator Kinerja Kunci kota 10 menit.

Karenanya, pada periode tersebut fasilitas transportasi umum baik primer maupun sekunder ditargetkan siap untuk digunakan di kawasan yang dihuni oleh penduduk IKN.

Pada tahap pengembangan terakhir, peningkatan jumlah penduduk di dalam IKN diprediksi akan meningkat tajam seiring dengan tahap awal pembangunan universitas unggulan.

Baca juga: Sederet Proyek Properti di IKN Besutan Investor Swasta

Kehadiran universitas unggulan ini diharapkan dapat mendorong berkembangnya kegiatan ekonomi berbasis riset dan teknologi pada periode tahun 2035 menuju 2045.

Rencana pengembangan sampai dengan tonggak pencapaian tahap II bisa dilihat pada aspek infrastruktur transportasi yaitu pembangunan Bandara VIP, yang perlu didukung dengan pengembangan sarana prasarana di sekitar jalur-jalur utama transportasi umum massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com