Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Kantongi Kontrak Lima Proyek Baru, Totalnya Rp 4 Triliun

Kompas.com - 20/12/2023, 18:48 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) meraih lima kontrak baru dengan total nilai Rp 4 triliun untuk pembangunan proyek-proyek strategis.

Dari lima proyek, tiga di antaranya berada di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sementara sisanya pembangunan infrastruktur jalan di luar IKN.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, kelima kontrak proyek baru itu terdiri dari segmen gedung dan infrastruktur yang masing-masing memiliki karakteristik serta nilai penting di setiap pengerjaannya.

"Proyek baru ini diraih dalam rentang bulan November dan Desember mencakup berbagai sektor yang kemudian akan memberikan kontribusi positif pada pembangunan infrastruktur negara," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Proyek Superblok PAM Group di IKN Dimulai, Nilai Investasinya Rp 3 Triliun

Berikut profil singkat lima proyek baru yang diperoleh Hutama Karya:

1. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN

Hutama Karya meraih kontrak baru pembangunan Rumah Sakit IKN dan secara resmi telah dilakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (20/12/2023).

Proyek senilai Rp 525,6 miliar ini sebelumnya telah dilakukan menandatangani kontrak pada Senin (4/12/2023).

RSUP di IKN yang nantinya akan berkonsentrasi pada pelayanan penyakit jantung dan stroke ini memiliki luas kurang lebih 37.500 meter persegi.

Bangunannya juga terdiri dari 11 lantai termasuk lantai atap, dan akan dikerjakan selama 390 hari kalender melalui KSO bersama Adhi Karya.

2. Gedung dan Kawasan Masjid Negara di IKN

Penandatanganan kontrak pembangunan Gedung dan Kawasan Masjid Negara di IKN senilai Rp 973,1 miliar telah dilakukan pada Selasa (28/11/2023).

Proyek KSO bersama Adhi Karya ini akan dikerjakan selama 420 hari kalender dan dibangun menggunakan material yang ramah lingkungan.

Dengan lahan seluas 32.124 meter persegi, nantinya bangunan masjid diperkirakan akan dapat menampung hingga 16.000 orang serta dilengkapi dengan plaza, bangunan penunjang, hingga bangunan komersial.

3. Fasilitas Sisi Darat Bandara VVIP IKN

Hutama Karya juga telah meraih dan menandatangani kontrak pembangunan Fasilitas Sisi Darat Bandara VVIP IKN senilai Rp 670,5 miliar yang dilakukan pada Jumat (8/12/2023).

Lingkup pekerjaan Hutama Karya pada proyek ini meliputi persiapan, infrastruktur, pembangunan Terminal VVIP dan VIP, Menara Pengawas, hingga Kantor Administrasi.

Proyek yang dikerjakan selama 390 hari kalender ini ditargetkan dapat melayani pesawat terbesar sejenis B-777 atau A380.

Baca juga: Hutama Karya Garap 8 Gedung Rusun ASN di IKN, Nilainya Rp 1,48 Triliun

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com