Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Tol Kartasura-Karanganom Dibuka Pukul 06.00-17.00 WIB

Kompas.com - 19/12/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, ada sejumlah ruas jalan tol yang dioperasikan secara fungsional. Salah satunya, adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana mengatakan, Ruas Tol Kartasura-Karanganom sepanjang 13 kilometer akan dibuka secara periode waktu, yakni mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

"Di Yogya-Solo rencananya kita siapkan untuk dibuka secara periode waktu dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore," ucap Lisye dalam site visit ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Senin (18/12/2023).

Ruas tol tersebut bisa digunakan oleh warga lokal maupun pemudik dari arah Yogyakarta menuju Solo atau arah sebaliknya pada saat arus balik.

"(Pengguna jalan tol) bisa merencanakan waktu perjalanannya apabila ingin menggunakan ruas fungsional tersebut pada jam tersebut, di luar tersebut akan ditutup kembali," imbuh Lisye.

Sementara waktu ruas jalan tol tersebut dibuka secara fungsional masih menunggu keputusan pemerintah.

Baca juga: Ingat Baik-baik, Ini Total Biaya Tol dari Merak ke Malang

Selain Tol Solo-Yogyakarta, Jalan Tol Japek II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer juga akan dioperasikan secara fungsional pada arus balik Natal-tahun baru ini.

Pengoperasian secara fungsional Ruas Sadang-Kutanegara dilakukan untuk mendukung arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta.

Namun demikian, Ruas Sadang-Kutanegara hanya akan dibuka apabila terjadi kepadatan di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama), dan di Tol Japek arah Palimanan maupun arah Cikampek.

"Dari situ Kepolisian akan evaluasi, dilihat juga nanti situasi di jalan arteri di Jalan Industri apakah masih sanggup menampung kendaraan yang nanti akan keluar dari GT Kutanegara ini," ujar Lisye.

Nantinya, pengguna jalan tol dari arah Bandung bisa masuk dari akses Sadang di Tol Cipularang dan keluar di GT Kutanegara.

Kemudian masuk ke jalan industri sepanjang 15 kilometer untuk masuk lagi ke GT Karawang Timur atau 27 kilometer untuk masuk GT Karawang Barat.

Ruas tol fungsional ini juga masih belum dikenakan tarif. Sehingga pengguna jalan tol hanya akan membayar tarif tol dari GT masuk dan dihitung hingga GT Sadang.

"Jumlah tarif yang dikenakan pengguna jalan ketika masuk misalkan dari GT Pasteur, itu sama dengan tarif yang ketika mereka keluar di GT Sadang, hanya saja ditransaksikan di sini, di GT Kutanegara dengan jumlah tarif yang sama," tandas Lisye.

Ruas-ruas tol fungsional ini juga hanya baru bisa dilintasi oleh kendaraan golongan I non-bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com