Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalengka Bangun Kawasan Wisata Religi Senilai Rp 50 Miliar

Kompas.com - 15/12/2023, 21:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Fitra Amanah Wisata, anak usaha PT Hotel Fitra International Tbk menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka manfaatkan lahan untuk dikembangkan sebagai kawasan religi terpadu bernama Kertajati Umrah Park.

Kerja sama yang ditandatangani pada Kamis (14/12/2023) ini bertujuan untuk mengoptimalkan daya dan hasil guna properti milik Pemkab Majalengka yang potensial mendatangkan investasi dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Fitra Amanah Wisata akan memanfaatkan lahan seluas 9,3 hektar untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata religi seluas 4 hektar di wilayah Kertajati Majalengka, Jawa Barat.

Baca juga: Tahun 2025, BSD City Akan Punya Taman Wisata Seluas 34 Hektar

Direktur PT Fitra Amanah Wisata Tomi Tris menuturkan, Kertajati Umrah Park Majalengka akan dilengkapi dengan berikut sarana dan prasarana penunjang.

"Kami akan mengerjakan pembangunan proyek ini dalam jangka waktu paling lama," ujar Tomi.

Dia mengeklaim, kawasan wisata religi ini akan menjadi satu-satunya dan terbesar di wilayah Jawa Barat, khususnya di Majalengka.

Proyek ini sangat prospektif sejalan dengan mulai beroperasinya Bandara Internasional Kertajati, khususnya untuk mengangkut jamaah haji dan umrah.

Kertajati Umrah ParkFitra Amanah Wisata Kertajati Umrah Park
"Dan kami melihat hingga kini, belum ada pengembangan serupa dengan kawasan religi terpadu seperti ini di Majalengka,” cetusnya.

Menurut Tomi, pengembangan awal lahan seluas empat hektar ini akan difungsikan menjadi pelatihan manasik haji dan dilengkapi sejumlah fasilitas.

Di antaranya masjid, restoran, pusat kuliner atau pujasera, area bazaar, gedung serba guna dan tempat wisata yang dikelola oleh Fitra Amanah Wisata.

Baca juga: Whoosh Gandeng 6 Tempat Wisata di Bandung, Apa Saja?

“Konsep yang kami tawarkan di kawasan wisata religi tentunya bernuansa Islami sekaligus menjadi kawasan edukasi yang terpadu di Majalengka," imbuh Tomi.

Lebih lanjut Tomi mengatakan, langkah-langkah strategi yang dilakukan Perusahaan untuk mempercepat pembangunan Kertajati Umrah Park Majalengka yaitu memperkenalkan proyek ini kepada publik.

Tidak hanya kepada warga di Jawa Barat, melainkan ke seluruh wilayah di Indonesia. Dia berharap, proyek ini akan menjadi percontohan kawasan wisata religi di Indonesia.

Kertajati Umrah ParkFitra Amanah Wisata Kertajati Umrah Park
“Guna membangun brand awareness sekaligus meningkatkan minat masyarakat terhadap pengembangan proyek ini, promosi yang kami lakukan baru sebatas strategi digital melalui media sosial,” ucap Tomi.

Untuk merealisasikan proyek ini, perusahaan mengalokasikan Rp 50 miliar sebagai investasi dan mengharapkan pendanaannya melalui kerja sama dengan third party investor lain.

“Bagi kami proyek Kertajati Umrah Park Majalengka merupakan peluang bisnis menjanjikan bagi Fitra Amanah Wisata sebagai operator pengembangan kawasan religi. Konsesi yang kami dapatkan selama 30 tahun,” cetusnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengharapkan proyek ini dapat mendorong perekonomian dan menyerap tenaga kerja serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Kami berharap, akan ada kerja sama pemanfaatan lahan lainnya yang kami tawarkan kepada pihak swasta untuk mendongkrak pariwisata dan perekonomian di wilayah Majalengka,” pungkas Karna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com