Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Destinasi Wisata Baru, Waterfront Siluk Dilengkapi Sejumlah Fasilitas

Kompas.com - 12/10/2023, 10:53 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempercepat penyelesaian penataan Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata baru di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Dibangunnya Waterfront Siluk diharapkan adanya pergerakan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Deva Kurniawan mengatakan, penataan kawasan waterfront tersebut dilaksanakan sejak Februari 2023 dengan biaya sebesar Rp 27,25 miliar.

"Saat ini, progres pekerjaannya telah mencapai 45 persen ditargetkan akan rampung pada Desember 2023," kata Deva dilansir dari laman Kementerian PUPR, Kamis (12/10/2023).

Pekerjaan penataan dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar bersama PT Rancang Bangun Mandiri-PT Riefna Karya Bangun Spesialis yang melaksanakan kerja sama operasi (KSO) selaku kontraktor pelaksana.

Baca juga: Calon Spot Wisata Baru di Kalbar, Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu

Untuk diketahui, Waterfront Siluk sendiri memiliki arti Sehat, Indah, Lestari, Unggul dalam Keberagaman.

Lingkup pekerjaan pembangunannya berupa Plaza, Taman dan Waterfront, Tangga Tribun, Pedestrian dan drainase, Tempat Parkir, Patung Arwana, Street Furniture, Toilet dan Menara Air, Fitness Outdoor, Dermaga, dan Tempat Pembuangan Sampah.

Menurut Deva, Kawasan Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu merupakan tempat yang strategis bagi masyarakat Putussibau dan sekitarnya untuk meluangkan waktunya pada sore hari dan malam hari serta di hari libur bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

"Lokasinya tepat di bawah samping Jembatan Kapuas Putussibau, dan berdekatan dengan tepian Sungai Kapuas," terang Deva.

Kemudian, di Taman Alun Putussibau-Kapuas Hulu ini, juga akan disediakan berbagai sarana taman seperti Gazebo, kursi taman, arena bermain anak dan ada pujasera yang menjajakan macam-macam kuliner.

"Untuk akses menju ke lokasi, dari Kota Pontianak sejauh 584 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan transportasi darat selama kurang lebih 14 jam," tuntas Deva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com