Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi dan Basuki Resmikan Pompa Banjir Sentiong Siang Ini

Kompas.com - 11/12/2023, 11:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong di Jakarta Utara, Senin (11/12/2023) siang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga bakal mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut.

"Jam 11 nanti akan diresmikan Pompa Banjir Sentiong," ucap Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin pagi.

Kementerian PUPR bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun Pompa Banjir Sentiong pada tahun 2020-2023 dengan biaya konstruksi Rp 481,37 miliar.

Pompa Banjir Sentiong memiliki 5 pompa dengan kapasitas 10 meter kubik per detik, sehingga keseluruhan memiliki kapasitas 50 meter kubik per detik.

Selain membangun pompa, lingkup pekerjaan Kementerian PUPR juga mencakup pembangunan tanggul dan normalisasi kali sepanjang 350 meter.

Baca juga: Pemerintah Pusat Akan Intervensi Pengelolaan Air Minum di Daerah

Menteri Basuki mengatakan, Pompa Banjir Sentiong bisa mengamankan 7 kecamatan dari banjir Jakarta.

Adanya Pompa Banjir Sentiong juga digadang bisa mengubah kondisi Kali Item menjadi tidak hitam lagi dengan kemampuan flushing atau penggelontoran lumpur pada musim kemarau.

"Ini yang Sukamahi-Ciawi (bendungan), kemudian ini yang di Katulampa (bendung), dari Katulampa ternyata kita punya bagian yang menerus ke arah Kali Item. Kemudian Kali Sentiong, ini lah yang nanti kita pakai utk flushing. Sekarang memang hitam, tapi saya yakin kalau ini bisa kita fungsikan, enggak ada setahun pasti sudah enggak hitam lagi," tegas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com