Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu 7 Bulan, Waskita Kembali Ganti Direktur Utama

Kompas.com - 08/12/2023, 21:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. resmi mengangkat Muhammad Hanugroho sebagai Direktur Utama (Dirut) yang baru.

Penetapan ini cukup mengejutkan. Pasalnya, pada bulan Mei 2023 yang lalu Waskita baru saja menetapkan Mursyid sebagai Dirut.

Baru 7 bulan berselang, Mursyid kemudian dicopot. Posisinya kemudian digantikan oleh Muhammad Hanugroho, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan Perum Perumnas.

Penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2023 yang digelar di Gedung Waskita Heritage, Jumat (8/12/2023).

Baca juga: Diminta BPK Segera Tagih Piutang Usaha, Ini Respons Waskita Beton

Dalam rilis resminya, pihak Waskita mengatakan pelaksanaan restrukturisasi Perseroan telah didasari pada kajian menyeluruh sesuai dengan aspek-aspek yang berpedoman pada Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. PER-2/MBU/03/2023 Tahun 2023 tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan Badan Usaha Milik Negara Pasal 122 dan 123.

Perseroan sendiri tengah fokus menjalankan langkah-langkah strategis program transformasi bisnis melalui 8 stream penyehatan keuangan.

 

Seluruh upaya ini dilakukan oleh Perseroan demi memperbaiki kinerja keuangan dan performa perusahaan secara menyeluruh.

Metode Restrukturisasi akan ditempuh melalui 8 stream yaitu: Restrukturisasi Keuangan, Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Pemerintah dan partisipasi publik melalui right issue, Fasilitas Kredit dengan Penjaminan Pemerintah, Strategic Pertnership Ruas Tol, Restrukturisasi Anak Perusahaan, Transformasi Bisnis, Penyelesaian Ruas Tol Sumatera, Perbaikan Tata Kelola dan Manajemen Risiko.

Metode Restrukturisasi ini kemudian dideskripsikan dalam prinsip transformasi yang terdiri dari 3 pilar transformasi yaitu, Portfolio dan Innovation keunggulan proyek-proyek PSN dan non PSN.

Selain itu lean dan Digitalisasi juga diusung agar Perseroan dalam menjalankan bisnisnya lebih efektif dan efisien sehingga dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan.

Baca juga: Waskita Beton Panen Proyek di IKN, Berencana Bikin Temporary Plant

Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham Seri A Dwiwarna dan Para Pemegang Saham Perseroan menyetujui usulan Restrukturisasi  dan akan diajukan kepada para Kreditur dalam rangka rencana penyehatan keuangan Perseroan.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita, mengatakan Manajemen Perseroan mengungkapkan rasa syukur atas disetujuinya usulan skema restrukturisasi.

“Manajemen sangat bersyukur bahwa Kementerian BUMN dan para Pemegang Saham telah menyetujui usulan skema restrukturisasi Waskita," ujar Ermy dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Dikatakan, hal tersebut sejalan dengan telah didapatkannya persetujuan dari seluruh perbankan Himbara dan sebagian perbankan swasta terkait skema restrukturisasi Waskita yang telah mencapai 90 persen dari nominal outstanding hutang.

"Perseroan menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada akhir tahun 2023.” jelasnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com