Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUP Ben Mboi Kupang yang Diresmikan Jokowi, Bernilai Rp 420 Miliar

Kompas.com - 06/12/2023, 13:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Rabu (6/12/2023).

Kehadiran RSUP terbesar di Indonesia Timur itu berkat perjuangan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena.

Menurut Kepala Negara, kehadiran RSUP dr. Ben Mboi mampu membawa dampak pada peningkatan mutu kesehatan masyarakat NTT.

"Semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan yang bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, tidak usah jauh-jauh ke Jakarta tapi cukup di sini karena semuanya bisa ditangani," sebut Jokowi.

Baca juga: Proyek Rumah Sakit Hermina IKN Senilai Rp 650 Miliar Dimulai

Jokowi juga mengatakan, aspek SDM terutama dokter spesialis dan sub spesialis segera dikejar agar kekurangan yang ada bisa diatasi.

"RSUP ini menghabiskan anggaran lebih kurang sebesar Rp 420 miliar. Tepuk tangan dong. Ini anggaran gede banget, masa nggak tepuk tangan," sebut Jokowi disambut tepuk tangan seluruh yang hadir.

Dana sebesar itu bisa cair karena persetujuan DPR RI. "Tapi memang ini tentu atas persetujuan DPR RI dan terima kasih untuk Pak Melki (Laka Lena) pimpinan DPR RI yang juga hadir," ujar Jokowi.

Dia pun meminta rumah sakit ini yang menjadi infrastruktur kesehatan di NTT paling representatif dan juga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, dirawat dengan baik.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena sebagai putra daerah, mengucapkan terima kasih kepada Jokowi dan juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang sudah hadirkan RSUP dr Ben Mboi di Kota Kupang.

"RSUP ini menjadi yang terbaik di wilayah Nusa Tenggara, Papua dan Maluku. Mari semua kita menjaga seluruh fasilitas di RSUP dr. Ben Mboi ini agar membawa manfaat bagi peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat NTT," sebut Melki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com