Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eco Town Depok Bakal Punya Fasilitas Rumah Sakit Internasional

Kompas.com - 26/06/2023, 05:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Jawa Barat, pemerintah Australia dan Indonesia akan membangun Rumah Sakit berstandar internasional Aspen Medical Hospital Depok.

Pada Selasa (20/6/2023) lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, bersama Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun meresmikan pembangunan Aspen Medical Hospital Depok.

Rumah sakit ini dibangun oleh Sanusa Medika, yang merupakan perusahaan joint venture antara perusahaan kesehatan global asal Australia Aspen Medical dan Docta bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jawa Barat, PT Jasa Sarana.

Baca juga: Tahun 2024, IKN Sudah Punya Rumah Sakit Internasional hingga Mal

Aspen Medical akan menginvestasikan dana sebesar Rp 600-750 miliar untuk mendirikan rumah sakit di lahan seluas 12,500 meter persegi. Rumah sakit ini akan berlokasi di kawasan Eco Town Depok.

Momen seremonial ini juga turut dihadiri oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM, Founder & Executive Chairman of Aspen Medical, Glenn Keys AO serta CEO Sanusa Medika, Dr. Andrew Rochford bersama Dewan Direksi PT Sanusa Medika Hospitals serta Jajaran Direksi Vasanta Group.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kesepakatan pembangunan rumah sakit ini merupakan kerja sama bilateral saat Presiden RI Jokowi berdiskusi dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese di forum G20 di Bali. Investasi Australia pada proyek rumah sakit tersebut sebesar 90 persen.

“Kerja sama ini diharapkan dapat terus meningkatkan investasi perusahaan-perusahaan Australia di Indonesia, seperti yang dilakukan Aspen Medical untuk mendukung sektor layanan kesehatan berkualitas di Indonesia,” ujar Airlangga.

 

Diharapkan, kehadiran Aspen Medical Hospital Depok dapat mengurangi keinginan masyarakat untuk berobat ke luar negeri.

Menurut Airlangga, salah satu tujuan utama dari kemitraan ini adalah untuk mengkatalisasi pemulihan kesehatan dan ekonomi bagi warga Jawa Barat.

Pada tahun 2020, Aspen Medical dan Docta telah menandatangani kesepakatan untuk menginvestasikan dana sebesar Rp 14 triliun di Indonesia dan menargetkan akan membangun 23 rumah sakit serta 650 klinik kesehatan di Jawa Barat selama jangka waktu 20 tahun ke depan.

Baca juga: Kenapa Dinding Rumah Sakit Dipasangi Keramik?

Pada kesempatan yang sama, Founder & Executive Chairman of Aspen Medical, Glenn Keys  menjelaskan, Aspen Medical Hospital Depok mengusung konsep layanan terpadu dengan keunggulan kelas dunia, sehingga dapat memberikan standar, inovasi, dan perawatan kesehatan berkualitas standar internasional yang komprehensif dan terintegrasi.

“Kami sangat senang bisa menghadirkan rumah sakit yang dapat memenuhi beragam kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat,” jelas Glenn.

Sementara itu, CEO Sanusa Medika Dr. Andrew Rochford menambahkan, dengan dukungan dari Aspen Medical, Docta dan PT Jasa Sarana, Sanusa Medika berkomitmen untuk menghadirkan perawatan kesehatan yang lebih baik.

“Upaya kami ini mencakup berbagai aspek, termasuk peningkatan dalam layanan kesehatan, penyediaan kapasitas tempat tidur, perluasan akses ke lebih banyak peralatan diagnostik, dan penyediaan layanan kesehatan dengan standar internasional,” papar Andrew.

Menurut Andrew, Aspen Medical Hospital Depok merupakan Rumah Sakit Umum tipe B yang akan memiliki sertifikat berstandar internasional.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com