Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2023, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) membeberkan sejumlah fasilitas publik yang akan berdiri di IKN pada tahun 2024. Khususnya yang digarap investor.

Fasilitas yang akan melengkapi infrastruktur dasar yang dibangun melalui APBN itu seperti rumah sakit internasiona, sekolah, hingga pusat perbelanjaan atau mal.

Hal itu dikemukakan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono usai Rapat Terbatas (Ratas) mengenai perkembangan investasi di IKN yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajaran di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/05/2023).

Menurut Bambang, dalam beberapa bulan ke depan pihaknya akan mengumumkan beberapa proyek infrastruktur yang sudah matang dan dibangun oleh para pelaku usaha non-pemerintah serta non-APBN.

"Di situ misalnya akan ada misalnya satu rumah sakit internasional, kemudian ada juga fasilitas pendidikan dan sebagainya," terangnya dalam keterangan pers dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: 36 Investor di IKN Masuk Tahap Lanjutan, Otorita Diminta Lakukan Percepatan

Fasilitas-fasilitas tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari satu ekosistem pembangunan tahap pertama di IKN, atau pada tahun 2024.

Dengan demikian, infrastruktur, fasilitas publik, gedung-gedung, dan sebagainya, yang dibangun melalui APBN akan dilengkapi berbagai macam fasilitas untuk ekonomi, sosial, dan lifestyle.

"Misalnya akan ada satu tempat untuk department store atau mal begitu yang akan juga menjadi bagian dari ekosistem yang akan kita bentuk pada tahap pertama ini tahun 2024 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan," pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com