Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwan Sunito Peroleh Izin Pembangunan Proyek Rp 5 Triliun di Sydney

Kompas.com - 30/11/2023, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - ONE Global Capital perusahaan investasi yang didirikan dan dimiliki Iwan Sunito secara resmi memperoleh izin pembangunan ONE Macquarie Park di Sydney, New South Wales, Australia.

Proyek ini ditaksir menelan investasi senilai Rp 5 triliun, mencakup tiga bangunan setinggi 14 lantai dan terdiri dari 307 unit apartemen dengan 1, 2 dan 3 kamar tidur.

“Ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari pemerintah Negara bagian New South Wales dalam waktu yang sangat singkat,” ujar Iwan dalam rilis pers, Rabu (29/11/2023).

Selain kekuatan desain bangunan, lanjut Iwan, reputasi perusahaan sebagai pengembang juga menjadi pertimbangan utama bagi departemen perencanaan negara bagian tersebut.

Selain unit apartemen mewah, ONE Macquarie Park juga akan menampilkan ONE Resort, sebuah hotel resor dengan jumlah 200 kamar.

Baca juga: Iwan Sunito, Sepenggal Sukses Indonesia di Australia

Proyek ini mengisi kekosongan properti berkualitas tinggi baik hunian, hotel, maupun apartemen servis. Padahal, kawasan ini akan dilengkapi jalur metro baru yang tuntas dibangun tahun 2024.

Metro ini menghubungkan Macquarie Park dengan kawasan Barangaroo, sehingga waktu tempuh dapat dipangkas menjadi 18 menit.

“Saya melihat saat ini adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan ONE Maquarie Park melihat potensi pasar properti Australia khususnya di Sydney," tuntas Iwan.

Keyakinan didasari situasi pasar properti di Australia saat ini yang dinilai menjanjikan bagi para investor asing di Asia Pasifik terutama Indonesia yang selalu memburu properti di negara Kanguru.

Hal ini yang menyebabkan tingginya minat atas unit sewa, sementara jumlah yang tersedia di pasar tidaklah mencukupi. Kondisi ini juga yang mengakibatkan banyak sekali calon penyewa yang kesulitan mendapatkan unit yang siap disewakan di kota Sydney saat ini.

Menurut data Biro Statistik Australia, populasi Australia tumbuh sebesar 2,2 persen menjadi 26,5 juta orang dalam 12 bulan hingga 31 Maret tahun ini.

Kepala Demografi ABS Beidar Cho mengatakan, 13 bulan setelah perbatasan internasional dibuka kembali, migrasi bersih dari luar negeri menyumbang 81 persen pertumbuhan dan menambah 454.400 orang ke dalam populasi pada tahun ini hingga Maret 2023.”

Menurut SQM Research, pada bulan Oktober 2023, vacancy rate kota Sydney menyentuh angka 1,2 persen yang merupakan terendah dalam sejarah pasar properti Sydney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com