Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Konser Coldplay, Jumlah Penumpang MRT Tertinggi Sejak 2019

Kompas.com - 16/11/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat terdapat sebanyak 163.162 orang menggunakan layanan MRT Jakarta pada Rabu (15/11/2023).

Dikutip dari laman MRT Jakarta pada Kamis (16/11/2023), angka itu merupakan jumlah penumpang tertinggi selama operasional MRT Jakarta sejak 2019 silam.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 13.000 orang merupakan pengguna jasa MRT Jakarta pada pukul 00.00 WIB-01.30 WIB, jadwal operasional khusus yang diberlakukan saat penyelenggaraan konser Coldplay.

Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda), Ahmad Pratomo mengucapkan terima kasih kepada ribuan masyarakat yang telah menggunakan MRT Jakarta saat gelaran konser Coldplay.

"Bagi kami, hal tersebut menunjukkan kepercayaan terhadap layanan transportasi publik di Jakarta dan juga bentuk nyata perubahan gaya mobilitas masyarakat perkotaan yang memilih menggunakan transportasi publik saat bepergian di Jakarta, termasuk menghadiri kegiatan konser musik atau festival," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah dan JICA Teken MoD Proyek MRT Tomang-Medan Satria

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan yang memberikan perpanjangan jam operasional hingga pukul 01.30 WIB.

Perpanjangan jam operasional seperti ini, lanjut Pratomo, sudah beberapa kali dilakukan oleh MRT Jakarta seperti saat konser berkelas internasional yang dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung.

Hal ini merupakan dukungan MRT Jakarta terhadap gaya hidup masyarakat perkotaan Jakarta ketika menghadiri acara-acara yang diselenggarakan di sekitar Stasiun MRT Jakarta.

"Ke depannya, kami akan terus meningkatkan layanan agar keinginan masyarakat Jakarta untuk menggunakan transportasi publik sebagai moda transportasi sehari-hari terus meningkat," pungkasnya.

Sejauh ini, angka keterangkutan MRT Jakarta telah menembus lebih dari 101.000 orang per hari. Bahkan pada senin-jumat, ridership ratangga telah mencapai 114.000 orang per hari.

Baca juga: Jajaki Kerja Sama Pengembangan TOD, MRT Jakarta Gaet Tiga Pengembang

Per Mei 2023 pula, jadwal operasional MRT Jakarta pada akhir pekan diperpanjang mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB sebagai bentuk dukungan MRT Jakarta terhadap geliat masyarakat Jakarta saat akhir pekan.

Pada tahun 2023, MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan mencapai 70.000 orang per hari. Melihat tingginya antusiasme masyarakat saat ini terhadap MRT Jakarta, perusahaan optimistis target tersebut akan terlampaui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com