Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos JICA Puji MRT Jakarta sebagai Operator Kelas Dunia

Kompas.com - 30/10/2023, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam lawatannya ke Indonesia, Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Dr Akihito Tanaka berkesempatan mengunjungi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Akihito pun menyatakan, dirinya terkesan saat melihat Depo Lebak Bulus dan menyampaikan bahwa MRT Jakarta telah menjadi world class operator (operator kelas dunia) dalam waktu singkat yakni empat tahun.

Baginya yang telah mengamati MRT Jakarta sejak 12 tahun lalu, ini seperti melihat anak yang telah tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Saya terperangah melihat depo yang megah. Saya juga terkesan melihat MRT Jakarta telah menjadi operator kelas dunia dalam empat tahun," tutur Akihito dikutip dari laman MRT Jakarta, Senin (30/10/2023).

Pada kurun waktu 2012-2015, saat dirinya menjabat sebagai Presiden JICA, Akihito sudah melihat pentingnya Jakarta memiliki MRT. Dirinya pun berharap agar moda transportasi massal tersebut bisa segera beroperasi.

Baca juga: Heru Budi Pastikan Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Tahan Gempa M 8

“Setelah itu, saya kembali ke universitas hingga April 2022 dan kembali menjadi Presiden JICA. Baru sekarang saya berkesempatan melihat langsung MRT Jakarta setelah beroperasi 2019 lalu. Semuanya seperti masih baru karena terawat dengan baik. JICA terus mendukung dan berkolaborasi dengan Indonesia,” tuturnya.

Akihito juga menyampaikan terima kasih karena MRT Jakarta sudah membantu negara lain yang juga baru memiliki MRT pertamanya melalui kerja sama JICA.

Setelah mendengarkan paparan dari direksi MRT Jakarta soal sejarah dan perkembangan terbaru konstruksi Fase 2, Akihito berkesempatan meninjau workshop (area bengkel) dan kamaniti (inspection shed) kereta.

Lalu, di sini, dia melihat salah satu rolling stock (rangkaian kereta) yang sedang menjalani overhaul (semi perawatan akhir) dan mendapatkan penjelasan tentang fitur dan panel kontrol di ruang kabin kereta.

Tuhiyat menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh Pemerintah Jepang melalui JICA sehingga MRT Jakarta fase 1 dapat terwujud dan beroperasi melayani masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih terhadap dukungan serupa dalam konstruksi fase 2 yang sedang dikerjakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com