Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Lima Tahun, Padat Karya Tunai PISEW Menyasar 5.090 Lokasi

Kompas.com - 15/11/2023, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) merupakan salah satu bagian dari kegiatan program Padat Karya Tunai (PKT) bidang permukiman TA 2023.

Jenis Infrastruktur yang dapat dibangun melalui kegiatan PISEW antara lain jalan dan jembatan, tambatan perahu, dan bangunan pasar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, selama lima tahun terakhir, kegiatan PISEW telah diselenggarakan di 5.090 lokasi.

"Infrastruktur yang telah dibangun selama tahun 2019-2023 antara lain jalan sepanjang 3.842 km, jembatan sebanyak 437 unit, tambatan perahu sebanyak 67 unit, dan pasar/kios sebanyak 1.521 unit," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (15/11/2023).

Baca juga: Sudah Lampaui Target, Padat Karya Tunai Permukiman Serap 69.532 Pekerja

Khusus tahun 2023, Ditjen Cipta Karya menargetkan program PISEW tersebar di 1.340 lokasi di Indonesia. Target tersebut naik hampir tiga kali lipat dari tahun 2022 yakni di 450 lokasi.

Tercatat berdasarkan data e-monitoring tanggal 14 November 2023, saat ini progres fisik program PISEW secara keseluruhan sudah mencapai 98,89 % dan telah berkontribusi menyerap dengan serapan tenaga kerja 20.920 orang.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan PISEW berada di kawasan perdesaan yang terdiri dari dua desa dan secara administratif berada pada wilayah kecamatan yang sama serta berbatasan langsung.

Dalam hal ini merupakan wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan, di antaranya sebagai tempat permukiman perdesaan, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.

Pada prinsipnya, kegiatan PISEW untuk mendukung pengembangan kawasan perdesaan dalam upaya mempercepat pembangunan dan meningkatkan kualitas pelayanan dan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perdesaan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi melalui peningkatan kualitas dan/atau pembangunan infrastruktur yang partisipatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com