Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 05:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kejelasan agenda uji coba sistem transaksi tol nirsentuh non-tunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai terkuak setelah sempat dua kali tertunda.

Hal ini mengingat awalnya MLFF direncanakan uji coba pada Desember 2022, kemudian mundur Juni 2023, dan kini menjadi pekan kedua bulan Desember 2023. Artinya, sudah molor satu tahun dari rencana awal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, uji coba MLFF akan dilakukan di Jalan Tol Bali-Mandara pada Desember 2023.

Satu-satunya jalan tol di Pulau Dewata itu dipilih sebagai ruas pertama yang menerapkan MLFF untuk memudahkan penanganan apabila terjadi masalah saat uji coba.

"Bali kan terbatas, kalau ada apa-apa enggak terlalu chaos," ujar Basuki dalam acara Hunindotech 4.0 di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Menteri Basuki: MLFF Ini Salah Satu KPI Saya

Uji coba perdana ini dilakukan di satu gate Tol Bali-Mandara. Kemudian setelah proses evaluasi, akan diperluas di gate yang lain.

"Akhir Desember nanti kita evaluasi, kalau itu bagus, berhasil, kita expand. Kalau ada yang kurang, kita improve dulu baru coba lagi baru kita expand," imbuh.

Lalu, setelah dinyatakan berhasil dalam uji coba di Tol Bali-Mandara, MLFF akan diuji coba di 6 ruas tol lain di Pulau Jawa.

"Nanti kalau udah berhasil (uji coba di Bali) baru di Jakarta, perkotaan dulu," tukas Basuki.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menambahkan, uji coba MLFF perdana ini masih menggunakan barrier untuk mencegah kerugian.

"Trial-nya minggu kedua Desember. Sementara pakai barrier dulu, nanti kalau sudah data registrasinya membaik, kita baru copot (barrier-nya)," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com