Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba transaksi tol non-tunai nirsentuh tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara pada pekan kedua Desember 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Tol Bali Mandara dipilih sebagai ruas pertama yang menerapkan MLFF untuk memudahkan penanganan apabila terjadi masalah saat uji coba.

"Bali kan terbatas, kalau ada apa-apa enggak terlalu chaos, nanti kalau sudah berhasil baru di Jakarta, di perkotaan dulu," ucap Basuki dalam acara Hunindotech 4.0 di Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Tepatnya, uji coba perdana ini dilakukan di satu Gerbang Tol Bali Mandara. Kemudian akan dilakukan evaluasi dan diperluas ke gate lain.

"Akhir Desember nanti kita evaluasi, kalau itu bagus, berhasil, kita expand. Kalau ada yang kurang, kita improve dulu baru coba lagi baru kita expand," imbuh Basuki.

Lalu, setelah dinyatakan berhasil diuji coba di Tol Bali Mandara, MLFF akan diuji coba di 6 ruas tol lain di Pulau Jawa.

Baca juga: Menteri Basuki: MLFF Ini Salah Satu KPI Saya

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menjelaskan, uji coba MLFF perdana ini masih menggunakan barrier untuk mencegah kerugian.

"Nanti kalau sudah data registrasinya membaik, kita baru copot," tegas Hedy.

Sebagai informasi, MLFF pada awalnya ditargetkan bisa diuji coba di Tol Bali Mandara pada 1 Juni 2023.

Pemerintah Hungaria menginvestasikan dana senilai 300 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 4,4 triliun untuk proyek MLFF di Indonesia.

Milestone berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) ini dikerjakan oleh PT RITS sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF.

Direktur Utama PT RITS Atilla Keszeg mengatakan, proyek ini dilaksanakan dengan investasi penuh sehingga Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sepeser pun.

Investasi ini masuk dalam upaya bilateral antara Indonesia dan Hungaria yang telah berjalan baik selama ini.

"Ini adalah proyek kemitraan dan proyek bilateral," kata Attila dalam konferensi pers MLFF di Kantor Kedutaan Besar Hungaria, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com