Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelar Uji Laik Fungsi, Ruas Pamungkas Tol Cijago Siap Dioperasikan

Kompas.com - 14/11/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B Krukut-Limo sepanjang 2,19 km telah dilakukan uji laik fungsi dan siap dioperasikan.

Dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Selasa (14/11/2023), Tol Cijago memiliki total panjang 14,64 km yang terbagi menjadi tiga seksi. Di mana hampir seluruhnya sudah beroperasi.

Seksi 1 Jagorawi–Raya Bogor sepanjang 3,70 Km (termasuk Junction Cimanggis) telah beroperasi sejak 2012, Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019.

Kemudian, Seksi 3A Kukusan–Krukut sepanjang 3,25 km telah beroperasi tahun 2022, serta Seksi 3B Krukut-Limo sepanjang 2,19 km yang saat ini siap dioperasikan.

Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya, Alfiadra menyampaikan, Tol Cijago mempunyai posisi strategis menghubungkan wilayah barat dan timur dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 Dimulai

Di timur menghubungkan Tol Jagorawi dan tol Cimanggis-Cibitung. Kemudian di barat, Tol Cijago menuju ke Blok M ataupun Sawangan arah Bogor dan menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Serpong-Kunciran, Kunciran-Bandara Soekarno Hatta.

"Apabila seksi 3B sudah beroperasi, maka semua bisa terkoneksi," ujar Alfiadra.

Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Gerbang Tol Limo Utama di ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3B.
Menurut Deputy Project Manajer PT Translingkar Kita Jaya, Dekstia, Tol Cijago akan memudahkan akses warga Depok yang akan menuju Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya, karena terhubung dengan Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran.

"Masyarakat pasti akan sangat merasa terbantu dari sisi waktu. Kemarin kami trial dari Gerbang Tol Limo sampai Bandara Soekarno Hatta itu cuma 18 menit. Pulangnya kita coba lewat tol JORR 1 dan butuh waktu sekitar satu jam. Jadi dampaknya dari sisi waktu sangat efisien," tandasnya.

Keberadaan Tol Cinere-Jagorawi diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas di Kota Depok.

Sebagai informasi, Gerbang tol di Seksi 3B Tol Cijago juga dilengkapi dengan sistem Automatic Vehicle Classification (AVC) untuk mendeteksi golongan kendaraan secara otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com