Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II-2024, Bakal Tol Terpanjang di Indonesia Mulai Dibangun

Kompas.com - 09/11/2023, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pembangunan calon jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) akan segera terealisasi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menargetkan pembangunan Tol Getaci dimulai pada kuartal II-2024.

"Tahun depan kira-kira, mungkin kuartal dua tahun depan baru dibangun," ucap Hedy saat ditemui usai meninjau jalan daerah di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/11/2023).

Sementara saat ini, proyek Tol Getaci masih dalam tahap pra-kualifikasi vendor, untuk selanjutnya dilakukan bidding.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), proses pelalangan memasuki tahap pengumuman pra-kualifikasi dengan dokumen suratnya tertandatangani pada Kamis (19/10/2023).

Di dalam dokumen itu tertulis proyek Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis sepanjang 108,30 kilometer dengan perkiraan nilai investasi Rp 37,14 triliun.

Baca juga: Jumat 10 November, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh Beroperasi Gratis

Lingkup proyek meliputi melakukan pendanaan, perencanaan teknis, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian, dan pemeliharaan untuk keseluruhan jalan tol.

Adapun bentuk kerja sama yakni Bangun, Guna, Serah, tanpa dukungan pemerintah. Proses pra-kualifikasi akan dilakukan secara elektronik (daring).

Peminat dapat melakukan pendaftaran pada jam kerja pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, mulai Jumat (20/10/2023) hingga Senin (04/12/2023).

Seluruh badan usaha, baik badan usaha tunggal maupun berbentuk konsorsium dibolehkan untuk mendaftar.

"Tahap satunya kita Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sampai Ciamis. Kenapa sampai Ciamis? Karena memang yang traffic-nya tinggi sampai Ciamis. Dengan adanya tol membangkitkan lalu lintas, setelah lalu lintas yang Cilacap bangkit, kita baru lanjutkan tol tahap duanya dari Ciamis ke Cilacap.

Sebagai informasi, Tol Getaci sebetulnya direncanakan menghubungkan dua provinsi yakni Jawa Barat dengan Jawa Tengah sepanjang 206,65 kilometer.

Dengan panjang tersebut, Tol Getaci akan menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com