Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JPO Rampung Dibangun, Akses ke JIS Makin Mudah

Kompas.com - 13/11/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendukung gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia yang salah satunya dilaksanakan di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan, JPO tersebut dibangun di Jalan Ketel, Ancol, Pademangan, dekat gerbang Karnaval Taman Impian Jaya Ancol, hingga menembus langsung sisi Plaza Utara JIS.

"Sebagai bagian dari kelengkapan prasarana dan sarana stadion JIS sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17, jembatan penyeberangan orang (JPO) dibangun khusus untuk menghubungkan stadion JIS ke Kawasan Ancol, sehingga akses penonton/pengunjung menuju stadion, menjadi lebih mudah dan nyaman," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (13/11/2023).

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Brawijaya menambahkan, JPO tersebut dibangun dengan trase sepanjang 453 meter dan lebar jalur pedestrian 6 meter.

Konstruksi JPO akses stadion JIS dirancang menggunakan struktur atas dengan konstruksi baja, pelat lantai pracetak serta pondasi dengan kombinasi tiang pancang beton dan baja.

"JPO ini menghubungkan JIS dengan Lapangan Parkir di Ancol, dari sisi utara stadion dan melintasi beberapa rintangan antara lain; jalur double track KRL, Jl. R.E. Martadinata, Kali Ancol, Tol Harbour Road, serta rencana Tol Harbour Road II," kata Brawijaya.

Baca juga: Demi Piala Dunia U-17, Berikut Lapangan Pertandingan dan Latihan yang Kelar Direnovasi

Pembangunan JPO JIS dilaksanakan oleh kontraktor AMKA Inti Beton Indo Trans Konstruksi KSO dan konsultan pengawas PT Seecons dengan nilai kontrak konstruksi Rp 95 miliar.

"JPO tersebut direncanakan sebagai penghubung antara stadion JIS dengan tempat parkir yang berada di gerbang karnaval dengan daya tampung sekitar 1.200 kendaraan roda empat dan 700 kendaraan roda dua," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com