Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Akan Garap Pembangunan Bendungan Karangnongko

Kompas.com - 02/11/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada September 2023, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) berhasil mendapatkan kontrak barunya melalui proyek pembangunan Bendungan Karangnongko, Bojonegoro, Jawa Timur, dan Blora, Jawa Tengah, paket 1.

Pekerjaan pembangunan ini dipercayakan oleh Kementerian PUPR melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Hutama Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk (KSO WIKA-HK-PP).

Pada proyek tersebut, WIKA memiliki porsi 40 persen dengan nilai kontrak perusahaan sebesar Rp 292 miliar.

Baca juga: Didominasi Proyek Pemerintah, WIKA Berhasil Raup Kontrak Baru Rp 21 Triliun

Beberapa pekerjaan yang akan dilakukan meliputi galian tanah, drilling dan grouting, struktur beton pelimpah, hidromekanikal, dan elektrikal pada Pintu Bendung Gerak Radial.

Pembangunan Bendungan Karangnongko ditujukan sebagai infrastruktur pelayanan dasar bagi masyarakat di Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro, dan kabupaten sekitarnya, berupa pembangunan jaringan irigasi baru dan peningkatan ketersediaan air baku domestik serta industri.

 

Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya menyampaikan bahwa pembangunan bendungan ini menambah portofolio bendungan yang dikerjakan WIKA, serta berfungsi mengoptimalkan pengelolaan air pada setiap wilayahnya.

“Raihan Bendungan Karangnongko merupakan bukti kepercayaan pemilik proyek terhadap keberhasilan Perseroan merampungkan berbagai proyek bendungan dan keairan,” ujar Mahendra.

Baca juga: Jokowi Ingin Proyek Bendungan Margatiga Selesai Tahun 2024

Didapatkannya proyek ini, menurut Mahendra, berarti kualitas yang dihadirkan oleh Perseroan mampu memenuhi ekspektasi pemilik proyek.

Secara teknis, Bendungan Karangnongko memiliki luas genangan 1.026,55 hektar, serta kapasitas tampung efektif sebesar 59,1 juta meter kubik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com