Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Buyback" Saham, Avia Siapkan Fulus Rp 1 Triliun

Kompas.com - 31/10/2023, 21:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Avia Avian Tbk (Avia) mengumumkan rencana pembelian kembali saham atau buyback dengan jumlah maksimal yang dibeli kembali sebanyak 1,425 miliar lembar saham atau sekitar 2,3 peresen dari jumlah modal disetor dan ditempatkan Perseroan.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Avia menyiapkan dana pembelian kembali saham sebesar Rp 1 triliun.

Buyback akan dilaksanakan dalam kurung waktu 18 bulan sejak disetujuinya aksi korporasi tersebut oleh pemegang saham Avia atau pada rentang waktu 8 Desember 2023 hingga 7 Juni 2025.

Baca juga: Avia Tawarkan Koleksi Cat Mood Booster untuk Kesehatan Mental

Pertimbangan utama dalam melakukan buyback saham adalah untuk menciptakan fleksibilitas yang memungkinkan Perseroan memiliki mekanisme dalam menjaga kewajaran dan stabilitas harga saham jika menurut manajemen harga saham tidak mencerminkan kondisi nilai, kinerja, dan fundamental Avia yang sebenarnya.

Manajemen memandang bahwa pada saat ini harga saham Avia belum mencerminkan nilai, kinerja, dan fundamental yang sebenarnya dari Perseroan sebagai pemimpin pasar dalam industri cat dekoratif di Indonesia.

Avia juga dipandang memiliki kinerja dan fundamental keuangan yang kokoh, antara lain dengan memperhatikan tingkat Price Earning Ratio (PER).

Saat ini, dengan harga pasar saham Avia yang berkisar di angka Rp 500 mencerminkan PER di bawah 20X, telah mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan historis PER Avia dalam kurun 1,5 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com