Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Tumbuh 3,8 Persen, Avia Kantongi Rp 3,5 Triliun

Kompas.com - 02/08/2023, 22:01 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan PT Avia Avian Tbk (Avia) pada Semester I-2023 berhasil dicatatkan sebesar Rp 3,5 triliun.

Menurut Head of Investor Relations Avia Andreas Hadikrisno, total penjualan ini mengalami peningkatan sebesar 3,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara margin laba kotor tercatat sebesar 45,2 persen atau setara dengan Rp 1,6 triliun, meningkat 14,5 persen dibandingkan semester pertama tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 1,4 triliun.

EBITDA juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 10,6 persen menjadi Rp 1 triliun dengan tingkat margin sebesar 28,9 persen.

Laba bersih berhasil tercatat sebesar Rp 808 miliar, meningkat 3,9 persen dibandingkan tahun lalu, dengan margin sebesar 23,0 persen.

"Secara rinci, baik segmen solusi arsitektur maupun barang dagangan memiliki kinerja yang positif," ujar Andreas, Rabu (2/8/2023).

Kinerja segmen solusi arsitektur ditopang oleh peningkatan penjualan di kategori cat dinding, cat pelapis anti bocor, cat kayu dan besi.

Baca juga: Gelar RUPST, Avia Sepakat Bagikan Dividen Tunai Rp 1,3 Triliun

Di sisi lain, kinerja segmen barang dagangan didukung oleh peningkatan penjualan di kategori pipa PVC.

Segmen solusi arsitektur berkontribusi sebesar 82,3 persen terhadap total penjualan, sedangkan kontribusi segmen barang dagangan adalah sebesar 17,7 persen.

Di dalam segmen solusi arsitektur, kontribusi penjualan tertinggi berasal dari kategori cat pelapis anti bocor sebesar 25,7 persen. Diikuti oleh kategori cat dinding, cat kayu dan besi, masing-masing sebesar 23,7 persen dan 19,5 persen.

Untuk segmen barang dagangan, kategori pipa PVC memiliki kontribusi tertinggi sebesar 12,9 persen.

Avia juga secara konsisten menjalankan berbagai strategi bisnis, baik dalam hal perluasan pusat distribusi untuk memperkuat penetrasi produk di pasar, maupun dalam hal pengenalan produk baru.

Berkaitan dengan pusat distribusi, sampai dengan akhir semester pertama tahun ini, Avia memiliki sebanyak 114 pusat distribusi milik sendiri, 37 pusat distribusi pihak ketiga, dan ditambah dengan 13 pusat distribusi mini.

Selama periode semester pertama tahun 2023, Avia telah melakukan penambahan sebanyak 5 pusat distribusi sendiri dan 9 pusat distribusi mini.

Di pusat distribusi dengan armada truk yang dimiliki, Avia mampu melakukan pengiriman sebanyak lebih dari 10.000 kali dalam satu hari.

Avia berfokus untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi berupa one-day delivery, sehingga pelanggan yang melakukan pemesanan barang hari ini dapat langsung menerima barang tersebut pada hari berikutnya.

Avia juga telah melayani lebih dari 56.000 toko bahan bangunan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com