Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Proyek IKN, Avia Perkuat Jalinan Relasi dengan Pemerintah

Kompas.com - 10/10/2023, 18:24 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Avia Avian Tbk (AVIA) tengah membidik proyek-proyek infrastruktur hunian dan gedung perkantoran di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Wakil Direktur Utama Avia Ruslan Tanoto memastikan hal itu saat menjawab Kompas.com, dalam acara plant tour, Selasa (10/10/2023).

"Kami saat ini makin mengintensifkan perkuatan menjalin relationship dengan Pemerintah (Otorita IKN)," ujar Ruslan.

Tak hanya itu, Avia siap untuk turut serta membangun IKN karena selama ini, cabang, distributor, dan juga toko-toko di Balikpapan dan sekitarnya sebagai kawasan penyangga, menawarkan produk Avian Brands.

Selain itu, kinerja mereka juga meyakinkan. Jadi, perusahaan percaya diri dapat berkontribusi ikut membangun IKN.

Sementara, kinerja pada kuartal III-2023, menurut Ruslan, masih dalam koridor tumbuh positif. Dia optimistis target penjualan tahun 2023 yang ditetapkan senilai Rp 7,23 triliun dapat tercapai.

Baca juga: Penjualan Tumbuh 3,8 Persen, Avia Kantongi Rp 3,5 Triliun

Hal ini mengingat, pada Semester I-2023 saja, perusahaan mampu meraup separuh dari target tersebut yakni Rp 3,5 triliun.

Untuk merealisasikan target tahun ini, lanjut Ruslan, perusahaan menerapkan sejumlah strategi. Meliputi merebut pangsa pasar kompetitor sebanyak mungkin.

Saat ini, market share Avia sekitar 23 persen, yang dipenuhi dari dua dua pabrik besar yang berlokasi di Sidoarjo seluas 10,5 hektar dan Serang seluas 3,7 hektar.

Pabrik Sidoarjo yang dibangun tahun 1978 berkapasitas sebesar 213.840 metric ton (MT), sedangkan pabrik Serang yang beroperasi pada 1996 memiliki total kapasitas sebesar 72.576 MT.

Saat ini kedua pabrik tersebut beroperasi satu sampai dua shift per hari dengan lebih dari 1.500 karyawan.

Avia juga sedang dalam proses pembangunan pabrik ketiga yang berlokasi di Cirebon dengan rencana total kapasitas mencapai 225.000 MT.

Proses pembangunan pabrik ketiga ini direncanakan akan selesai pada tahun 2025 dan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2026.

Integrasi vertikal

Salah satu hal yang membedakan Avia dengan perusahaan cat lainnya adalah kemampuan integrasi vertikal, yakni memproduksi bahan baku secara internal.

Baca juga: Gelar RUPST, Avia Sepakat Bagikan Dividen Tunai Rp 1,3 Triliun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com