Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Kantor Bupati Jayapura Kembali Dilanda Kebakaran, Ahli Analisis Penyebabnya

Kompas.com - 30/10/2023, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompleks kantor Bupati Jayapura, Papua kembali dilahap si jago merah pada Minggu (29/10/2023). Kali ini, kebakaran terjadi di Gedung D.

Di gedung D tersebut, terdapat enam kantor yang terbakar yakni Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perikanan.

Polisi menyebutkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 05.00 WIT. Api pertama terlihat dari lantai 3 dan kemudian turun ke lantai 1. Semua gedung ludes terbakar.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran sendiri belum diketahui pasti dan masih dalam tahap penyelidikan oleh Polisi.

Baca juga: Kondisi Museum Nasional Indonesia Pasca Terjadinya Kebakaran

Anggota Dewan Pertimbangan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta mengatakan kebakaran bisa terjadi karena berbagai hal.

Kebakaran yang umum terjadi akibat arus pendek listrik, atau dari sumber api seperti kompor di dapur. Bila ada benda-benda combustible (sebagai bahan bakar), maka apinya bisa membesar,” ungkap Davy saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Menurutnya, sebuah gedung publik sudah seharusnya dilengkapi dengan sistem alarm yang bisa memberi peringatan jika kebakaran terjadi.

 

“Dalam gedung ada sistem alarm, yaitu smoke detector yg akan memberi peringatan di control panel bila ada konsentrasi asap dekat detektor dalam jumlah besar. Ada juga heat detector yang mempunyai sensor panas,” jelasnya.

Selain itu, harus disediakan alat pemadam kebakaran seperti tabung atau sistem sprinkler yang dapat menyemprotkan air bila terdeteksi adanya suhu panas yang tinggi.

Sistem hidran dengan pompa kebakaran juga harus tersedia di sekitar lokasi kantor karena dapat menyemburkan air dengan volume tertentu sampai ketinggian tertentu.

“Untuk gedung-gedung tinggi, harus memiliki peralatan untuk penanggulangan kebakaran,” tegasnya.

Demi mencegah terjadinya kejadian yang sama di waktu mendatang, Davy berharap para pemakai gedung harus lebih waspada terhadap sumber-sumber kebakaran.

Baca juga: Plafon PVC, Material Tahan Api yang Bisa Minimalkan Risiko Kebakaran Rumah

Salah satu contohnya, menjauhkan sumber api seperti kompor dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti tumpukan kertas.

Sebagai informasi, kebakaran di kompleks kantor Bupati Jayapura ini adalah kali ketiga dalam tiga bulan terakhir.

Sebelumnya, api menghanguskan Kantor Dinas Pendapatan dan Kantor KPU pada 17 Agustus 2023. Kemudian, pada 1 September 2023, Kantor Kementerian Agama ludes terbakar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com