Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Kepri Bangun 2 Ponton HDPE Rp 4,5 Miliar di Anambas dan Bintan

Kompas.com - 10/10/2023, 17:52 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) memperkuat konektivitas antar wilayah diwujudkan dengan pembangunan dermaga apung atau ponton HDPE di Pelabuhan Tarempa Kabupaten Anambas dan Pelabuhan Pantai Indah di Kijang Kabupaten Bintan, Kepri.

Keberadaan ponton HDPE diharapkan dapat mendukung Kabupaten Anambas sebagai daerah pariwisata, dan memudahkan aksesibilitas masyarakat di sekitar Pulau Bintan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, infrastruktur transportasi sangat dibutuhkan sebagai urat nadi untuk mempercepat pertumbuhan titik-titik ekonomi baru.

"Dua ponton ini sangat dinantikan masyarakat untuk kemudahan akses transportasi, kita pastikan apa yang dibangun ini dirasakan langsung manfaatnya untuk masyarakat," kata Ansar melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa 10/10/2023).

Baca juga: Sejumlah Proyek Dicoret dari PSN, Ada Pelabuhan hingga Jalan Tol

Ponton HDPE ini ditargetkan selesai pada bulan Oktober untuk Pelabuhan Tarempa dan bulan November untuk Pelabuhan Pantai Indah Kijang.

“Proses lelang dua ponton HDPE ini sudah selesai dan material ponton HDPE untuk pelabuhan Tarempa sedang dalam perjalanan menuju Tarempa,” ungkap Ansar.

Adapun material ponton HDPE sedang proses pengiriman dari pabrik menuju pelabuhan Sunda Kelapa untuk selanjutnya menuju Kijang.

Anggaran yang dikucurkan Pemprov Kepri untuk ponton HDPE di Pelabuhan Tarempa adalah sebesar Rp 2,284 miliar, sementara untuk ponton HDPE di Pelabuhan Pantai Indah senilai Rp 2,225 miliar.

“Jadi totalnya mencapai Rp 4,5 miliar,” sebut Ansar.

Baca juga: Tak Hanya Bandara VVIP, Pelabuhan IKN juga Dibangun November Ini

Pemerintah Provinsi Kepri juga sudah membangun tiga ponton HDPE pada 2022 yaitu di Pelabuhan Bandara Tambelan, Sedanau Kabupaten Natuna, dan Pelabuhan Tanjung Buton Daik Kabupaten Lingga.

Anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 6,5777 miliar.

Seluruh pembangunan ponton HDPE tersebut dilakukan untuk mengatasi konektivitas wilayah yang menjadi tantangan terbesar Pemprov Kepri dalam mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan, Kementerian Perhubungan memberikan KMP Bahtera Nusantara 03 untuk melayani rute
Tanjung Uban-Tambelan-Sintete.

Kemenhub juga mengalokasikan biaya subsidi sebesar Rp 11,57 miliar untuk pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 03.

"Kunci mengatasi luasnya wilayah di Kepri itu ada di infrastruktur transportasi dan armadanya, kita selalu upayakan agar dua hal tersebut benar-benar hadir di Kepri. Kami mohon dukungan dan doa masyarakat Kepri untuk ini," pungkas Ansar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com