Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng BP Tapera, BTN Syariah Gelar Akad Kredit bagi 2.300 Unit Rumah

Kompas.com - 27/09/2023, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) melalui Unit Usaha Syariah (UUS/BTN Syariah) bekerja sama dengan BP Tapera menggelar Akad Massal KPR Syariah bagi 2.300 unit rumah secara serentak di seluruh Indonesia.

Gelaran Akad Massal KPR Syariah tersebut dipusatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (26/9/2023).

Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, Akad Massal KPR Syariah yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia ini, selain untuk mendukung Program Sejuta Rumah, juga dalam rangka memperingati satu tahun KPR Tapera Syariah.

Baca juga: KPR Syariah Paling Diminati Konsumen Berpenghasilan Rendah

“Bank BTN termasuk BTN Syariah ingin terus menjadi bagian penting pemerintah dalam menyejahterakan rakyat dalam mewujudkan rumah yang layak huni,” ujar Hirwandi di Palembang.

Dia mengatakan, Akad Massal KPR Syariah Serentak yang diselenggarakan oleh BTN Syariah dilakukan untuk meningkatkan brand awareness KPR BTN Syariah dengan lokasi utama di Kota Palembang dan diikuti juga oleh 32 Kantor Cabang Syariah (KCS) di seluruh Indonesia.

“Target akad KPR Syariah adalah minimal 1.700 unit KPR Subsidi dan minimal 600 unit KPR Non Subsidi. Sehingga total akad serentak KPR Syariah Bank BTN adalah minimal sebanyak 2.300 unit,” katanya.

Menurut Hirwandi, tahun ini, BTN Syariah menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan syariah sekitar 45.750 unit.

Jumlah tersebut terdiri dari 35.150 KPR Syariah Subsidi dan 10.600 KPR Syariah Non Subsidi.

Baca juga: BP Tapera Biayai 152.717 Rumah, Tembus Rp 17,24 Triliun

“Dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat, diharapkan target tersebut dapat tercapai pada tahun 2023 ini,” tegasnya.

Hirwandi menegaskan, BTN Syariah akan tetap fokus melayani seluruh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di berbagai segmentasi yang ingin memiliki rumah bersubsidi pemerintah melalui program KPR Sejahtera FLPP dan KPR Tapera Syariah.

Apalagi, BTN Syariah memiliki kepedulian tinggi untuk keberlanjutan berbagai program pemerintah termasuk program perumahan rakyat.

Untuk itu, pelaksanaan Akad Massal KPR yang BTN Syariah lakukan serentak di seluruh Indonesia merupakan wujud nyata dalam mendukung keberlanjutan program perumahan rakyat.

“Dukungan BTN Syariah terhadap keberlanjutan program perumahan rakyat, salah satunya terus meningkatkan pelayanan kepada sektor informal yang ingin memiliki rumah melalui kerja sama dengan organisasi seperti PP Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, BP Tapera telah menyalurkan pembiayaan syariah yang bersumber dari dana FLPP tahun 2022 sebanyak 42.237 unit senilai Rp 4,62 triliun.

Untuk tahun ini, tercatat sampai dengan 15 September 2023, pembiayaan syariah yang disalurkan bagi 31.299 unit senilai Rp3,46 triliun.

Khusus untuk Sumatera Selatan, telah tersalurkan sebanyak 2.085 unit yang terdiri dari 213 perumahan, 133 pengembang, 2 bank, di 10 kota/kabupaten.

Adapun untuk pembiayaan syariah yang bersumber dari dana Tapera, sejak tahun 2021 hingga 14 September 2023, BP Tapera telah merealisasikan akad sebanyak 1.660 unit rumah.

“Kami berharap masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan bisa memanfaatkan program pembiayaan perumahan untuk rumah Tapera ini, karena rumah Tapera adalah rumah yang berkualitas, dihuni, dan tepat sasaran,” ungkap Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com